Wednesday, June 02, 2010

Bekal Makan Siang

ket : ini hasil karya masakan saya, yang ada di sini.

Selama ini saya memang selalu bawa bekal makan siang. Sebenernya males sih, cuman yha gimana yha. Pabrik panci tempat saya kerja ini jauh kalo mo kemana2, kayak yang di pilem jurrasic park, kayak ditengah hutan gitu, jadi susah mo nyari makan. Ada kantin sih, harganya sekitar 10rebu-15rebu cuman yha menu-nya itu2 saja. Pedagang kaki lima? ada, tapi didepan, nahh dari gedung tempat saya kerja ini ke depan itu sekitar 1 kiloan, males kan? belum lagi siang2 panasnyaaa biyuhhh. Bisa sih naek motor, cuman saya-nya yg gak bisa naek motor :D Nitip temen?? yha bisa, cuman kok kasihan, dititipin terus. Jadi satu2nya jalan yang menurut saya paling praktis (*meskipun gak praktis) yha bawa bekal aka mbontot ^_*

Emang cukup waktunya Ving masak pagi hari? emang masak sendiri gak ribet? lu bangun jam berapa sih nyiapin itu semua ?? xixixixxi...itu pertanyaan teman2 yang sering muncul. Kalo dipikir ribet yha ribet.Dibawa santai saja lah. Saya bangunnya subuh kok, jam 4:30, kadang malah jam 5 :D bisa tuh. Dulu sebelum punya anak, saya benar2 masak sendiri. sekarang sudah ada asisten, jadi agak lumayan bisa didelegasikan, meskipun yhaaaa saya gak gitu percaya sama asisten dalam hal masak memasak, tetap saja kadang saya yang turun tangan :) asisten saya gak bisa masak, dia bisa masak yha sejak kerja di saya, jadi dia bisanya memasak masakan yang saya ajari saja, so masih terbatas "kosakata" masakannya :) Tetapi sama aja sih, meskipun masak memasak sudah didelegasikan saya mempunyai job baru, yaitu ngurus si kecil. jadi gak usah heran kalo saya selalu terlihat sibuk di pagi hari dan terkesan grubak grubuk :) Nih, kalau mau tahu rutinitas saya di pagi hari:
Bangun, meres ASI,nyiapin botol2 ASI, sholat subuh, masak makanan si kecil, mandi, mandiin si kecil, ganti baju dan nyiapin baju buat suami, nyuapin si kecil sambil nyiapin bekal makan siang, sarapan bareng suami, baru deh berangkat nguli jam 6:45 kadang jam 6:55.

Back to bekal makan siang, membawa bekal itu banyak lho keuntungannya, selain lebih sehat dan lebih higienis, hati juga tenang dan tentram karena gak usah bingung2 mo makan siang dimana dan mo makan siang apa (/*lebayy), kalo misalnya lebih hemat, yha itu bonusnya :D. (belanja mingguan saya yang gak pernah lebih dari 150rb, itu cukup untuk makan asisten 3x, saya 2x, dan suami 1x, selama seminggu ), Tetapi jaminan kelezatannya yha sesuai ukuran saya, soalnya kemampuan masak saya juga pas2an kekekekeke. Bekal makan siang saya sebenernya gak ribet2 amat, yang penting ada nasi (/*kl belum makan nasi yha belum makan namanya ^_^), lauk, sayur, dan buah. sambal dan kerupuk itu optional, meskipun saya lebih seneng kl kedua jenis makanan itu ada dalam menu makan siang saya. Dengan makan siang kita bisa beramal juga lohh, kok bisa? yha bisa, misal nih ada traktiran/acara makan siang di pabrik/ ada yg ultah dan bagi2 makanan, nahh bekal makan siang saya biasanya pindah ke perut temen2 cowok, mereka itu jam 3 juga udah laper kok dan selama ini sih makanan saya gak pernah ditolak ^_* selalu berakhir dengan ucapan terimakasih dan "Mbak, sesuk aku gawakno pisan po'o", wekekekek (emang aku emakmu??? huhh)

Hari libur saya itu cuman hari sabtu, minggu nya saya sibuk belanja mingguan ke pasar, masak, dan nyiapin bahan makanan untuk seminggu ke depan. Dan yang pasti sebelumnya sudah berpusing-pusing ria dulu nyusun menu seminggu wew.... Jangan harap menu makanan yang ribet yha :) karena waktunya mepet, jadi bikin masakannya yang simpel2 aja. Untuk menghemat waktu di dapur, ini ada beberapa tips ala viving ^_* :

  1. Selalu stock telur di kulkas, baik telur ayam mentah, maupun telur asin. Kalo kepepet tinggal ceplok. Biasanya kalau suami gak cocok dengan menu masakannya, beliau bikin ceplok kemudian dikecapin, jadi selama di rumah ada telor dan kecap, aman terkendali lah ahahahha...
  2. Untuk sayur2an daun2an (misal:bayam, kangkung, daun singkong, daun2an) siangi/petik2 dulu, taruh di selembar koran/diangin2an, kemudian masukkan dalam plastik/wadah. InsyaAllah awet sampek 2 hari. Jangan harap menu sayur2an daun2an di hari Jumat wekekeke, sayur2an ini harus segera dimasak biar gak rusak dan tetep seger :)
  3. Tahu, supaya awet dicuci dulu, kemudian direbus/dikukus, kemudian taruh diwadah dan masukkan ke kulkas.
  4. Bumbu2 seperti bawang merah dan bawang putih, udah dikupas pada hari minggu dan taruh di wadah tertutup, taruh di kulkas.
  5. Untuk cabe, buang yg busuk/cacat, ambil yg bener2 utuh saja. soalnya kl ada yg busuk bakal merembet ke cabe2 lainnya :)
  6. Biasanya saya stock ayam yang siap goreng, jadi beli ayam sekalian dipotong2, beli bumbu yg udah dihalusin, bilang saja "bumbu ayam goreng :D" 2000 jg dah banyak, sampe rumah ayam langsung dicuci, kemudian direbus/diungkep pakai bumbu tadi, taruh di wadah, kalo dah dingin masukin kulkas :) jadi kalo pagi hari tinggal goreng saja :) Hal ini berlaku juga untuk tahu dan tempe goreng
  7. Untuk sayur2an yang tidak mudah layu seperti sop2an, oyong/gambas, labu siam, terong dsb. Biasanya malam harinya dikupas2 dan dicuci2 kemudian dipotong2, jadi pagi harinya tinggal cemplung2 :D
  8. untuk makanan yang agak ribet, biasanya saya masak agak banyakan di hari minggu, jadi sekalian buat senin, tetapi ini masakan yang bisa diangetin, kayak bothok/pepes2an, lodeh,rawon, ayam kecap, gitu2lah pokoknya :)
  9. untuk Ikan, biasanya saya freez, tapi saya gak pernah nyetock banyak dan hanya untuk seminggu, gak boleh di freser lebih dari seminggu, aneh aja rasanya :D Bisa juga dibumbuin dulu, taruh di chiller, jadi paginya bisa langsung digoreng :)
  10. kalau untuk brokoli/kembang kol/jamur, biasanya saya petik perkuntum, kalo jamur yha diiris2, kemudian rebus air, setelah mendidih matikan api, kasih garam, rendem deh 5 menitan. Itu tujuannya untuk membuang ulat2/kuman yang susah dibersihin dan jadi awet kl disimpen di kulkas.
  11. Untuk buah, saya lebih suka bawa jeruk, lebih awet dan gak perlu ribet ngupasnya xixixixi
Jadi tiap pagi tuh tinggal iris2/uleg2 bumbu, masak sayur dan goreng lauk, simpel kan ??? Gak sampe sejam juga udah selesai.

Oh yha, saya kan bisa masaknya itu2 saja, bagaimana kalau saya bosan dengan menu bekal makan siang saya yang itu2 saja ???? saya menyiasatinya dengan memakannya saat perut dah kelaparan banget, apa sih yang gak enak kalo perut kita dah dangdutan keroncongan ??? :D

Jadi, apa menu makan siangmu hari ini ??? ^_*


Note : ternyata saya gak punya poto bekal makan siang saya, bukan berarti tulisan ini hoax loh yha, ntar kalo dah ada potonya saya update deh :D kan tiap pagi selalu buru2, gak sempet motoin makanan (/*ngeles)


_D Building 2nd floor, DM , 02062010_

11 comments:

nothing said...

belum makan siang..langsung makan malam

Juminten said...

wah, kok sama banget sih mbak?
kantorku jg jauh dr tempat makan. :D
jd kalo mau makan siang, harus jalan ke luar dulu.
tp aku belum kepikiran bawa bekal.
soalnya gak bisa masak! wakekekeke...

btw, menu makan siang saya hari ini?
tampaknya aku akan makan ketoprak. :P

wahyukurnianto said...

dari gedung tempat saya kerja ini ke depan itu sekitar 1 kiloan
--> lebay ah ... perasaan ora adoh2 nemen :p

darwinfamily said...

good tips :)
tapi better bumbu-2an nya itu gak usah beli di pasar, karena apa, karena kalo make campuran bumbu yg ada bawang merah nya, di jamin bawang merah nya udah gak sehat...
coz bawang merah yang sudah di kupas dan dihaluskan begitu tuh, akan menangkap racun yang ada di dekatnya, sooo... better ngulek or blender dhewe ya...lebih sehat..trus penggunaan saus tiram juga jangan sering-2, khan ada MSG nya, gak make SASA tapi make saus tiram heheheh sama aja jadinya...kekekeke....

Dianekawhy said...

Yuhuuu ... Mantep dah si Ibuk satu ini. Beruntunglah rumah deket kantor begitu. Berangkat bisa jam 7 pagi. Kalok warga pinggiran kayak ane tiap hari bangun jam 4 pagi kali yak. Hihi
*pernah ngalamin hal yang sama waktu anak masih 1 dan asisten jugak gak bisa masak.

aprikott said...

ngekos vink ga bisa masak, dl jaman d pangalengan ada katering kantor, lha skrg mau ga mau jajan. utg tmpt kerja saya skrg dkt dengan mall jd mayan lah ga prlu jauh2 :D

siska said...

kantor ku menyediakan makan siang untuk karyawannya, gratis, huehehehehehehehe!! *merasa beruntung*

Evi said...

disekeliling-ku byk makanan, yg penting punya duit hehehe... :D
tp utk nasi putih sll bawa dr rumah, klo beli kdg kurang cocok. tp kdg klo sempat ya bawa lauk dr rumah, yg jls klo goreng2 ga sempat.

Manda La Mendol said...

Huahhh..pagi bangets ya budal'e. Aku ya belanja subuh, tapi budal jam 10. Makan siangku....tergantung undangan.

elly.s said...

inget aman kerja dulu...
grubak grubuk qiqiqiqi...

agustri said...

kalau makannya seperti ini ya seneng terus...:):) lapar terus.:D