Friday, September 23, 2011

Tips Mudik



Mudik pasti menyenangkan, tapi pas balik dari mudik banyak kemrungsungnya hihihi...yang cucian dan setrikaan numpuk lah, makanan di kulkas busuk lah dsb. Nih ada tips ala saya yang semoga berguna untuk ibu-ibu rumah tangga yang mau mudik. Meskipun masa mudik telah lewat, siapa tahu berguna untuk masa-masa mudik tahun depan hihihii....

1. Persiapkan mudik jauh-jauh hari.
Terutama kalo punya anak kecil yha (Kalo masih bujangan mah tinggal nenteng tas aja :D) Tidak boleh ada yang kelewatan, supaya nyaman waktu perjalanan dan di tempat tujuan. meskipun masih kecil pasti bawaannya yang paling buanyakkkk.. saya sampe punya list bawaan mudik, nyontek dari mbak Dian. Tiketnya juga harus dipersiapkan kalo misal menggunakan transportasi umum, kalo pakai kendaraan pribadi yha cek ricek dulu di bengkel. Fyi aja, yang mudik kemaren ini meskipun belum ditentukan waktunya, gerobak udah dicek ricek di bengkel, koper saya juga sudah siap angkut :D

2. Cuci setrika tiap hari
Sebelum mudik, kalau bisa sudah tidak ada tumpukan cucian dan setrikaan, kalo masih ada dijamin ntar balik dari mudik yang ada BT BT BT :D nahh biasanya kan masih nunggu nih, tiap hari juga pasti ada cucian, nahh itu tiap habis mandi langsung cuci, kering langsung setrika, ribet ??? iyha dikit, tapi berasa efeknya nanti kalo pas udah balik dari mudik :D

3. Menghabiskan bahan makanan di kulkas
Kalau mau mudik gak usah numpuk-numpuk makanan dulu, sementara habisin dulu bahan makanan yang ada di kulkas, biar gak busuk dan jamuran ditinggal mudik, mubadzir kan? biasanya sih memanfaatkan telor, sayur dan buah-buahan. Kalo gak habis juga, minta tolong ke tetangga buat ngabisin, ato bisa juga kalo mo dibawa mudik kalo gak kerepotan :D (/*sambil membayangkan mudik sambil bawa telor sekilo, apel sekilo, sawi 5 ikat, wortel 10 biji, huahahaha...mo mudik ato mo jualan)

4. Bersihkan dan rapikan rumah
Pel dan sapu lantai rumah anda sampai bersih, bersihkan kamar mandi, zinc tempat cuci piring, pokoknya semua dibersihkan. Rapikan semua barang-barang, mainan anak, semua ditaruh pada tempatnya. Ini ngefek banget loh, kalau balik dari mudik lihat rumah berantakan yang ada tambah capek ngebayangin ngebersihinnya, itu baru ngebayangin, belum membersihkan :D Syukur Alhamdulillah saya melaksanakan ini sebelum mudik kemaren, hasilnya, nyampe rumah rasanya rumah saya yang hanya sepetak ini jadi luaaaasssss dan rapiii gitu, meski debuan :D paling gak saya gak tambah capek lah :D

5. Nitip ke tetangga atau Satpam
Nahhh, ini tergantung tiap orang. Bisa nitip kunci atau nitip jagain rumah atau nitip nyiramin taneman aja :D Biar aman gitu, dan kita jadi tenang mudiknya, gak kepikiran rumah terus hihihi. kebetulan saya cuman nitipin nyiramin tanaman yang depan, dan tidak nitipin kunci, hasilnya??? taneman yang di taman belakang pada kering dan mati sodara-sodara termasuk rumputnya hahahahaha....



6. Amankan rumah

Kunci semua pintu dan jendela. Cabut semua stop kontak listrik. copot selang gas elpiji, demi keamanan bersama


7. Sebisa mungkin nyuci-nyetrika waktu mudik
Kalau mudik tidak melulu jalan-jalan terus kan yha? pasti ada waktunya istirahat di rumah. Nahh di sela-sela waktu itu sempatkanlah nyuci setrika baju yang dipakai tiap hari, jadi balik dari mudik koper tidak dipenuhi dengan baju-baju kotor. Kalau tidak sempat yha pisahkan antara baju kotor dan baju bersih, supaya tidak campur aduk.

7. Jaga kesehatan
Nah, ini yang paling penting, jaga kesehatan. Biasanya kalau mudik jadi kurang istirahat, semua makanan yang jarang dimakan diperantauan, masuk perut semua, padahal itu biangnya sakit hiks (/*pengalaman pribadi). Kalau perlu doping vitamin, banyak minum air putih dan kalau ada waktu istirahat, istirahatlah.

Sementara itu dulu, kalau ada tambahan monggo di komen saja, nanti biar saya update :D sampai jumpa di mudik tahun 2012 yhaaaaaa......... (/*pedeeeee, padahal belum tentu juga mudik lagi hiksss)


_TSST,H1No2,23092011_

6 comments:

Manda La Mendol said...

bar mudik ojo lali ngasih oleh-oeh buat tetangga yang dititipin.

tapi critane podho, bar muleh, tandurane mati kabeh. garing. mosok tandurane melok digowo muleh...hihiii

Catatan Kecil Mama Nathan ... said...

iki gak enek crito menjalankan "tugas negara" tah? xixixixi

Tukang Rongsok said...

ditunggu cerita menarik selanjut nya :))

edratna said...

Tip yang bagus Vink...

Jadi ingat saat anak-anak masih kecil...mesti buat daftar dan pusiing...tapi senaaang.

Keke Purnama said...

nice share.. :) tanduranku juga pada sekarat.. untunge masih pada ketolong.. hehehe..

Indokurir Translogistik said...

Mantab , numpang info , apabila membutuhkan jasa pindahan bisa kontak kami ya di
Jasa Pindahan