Tuesday, November 10, 2009

ASIP

Asi(Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik untuk bayi. Siapa bilang working mom gak bisa kasih ASI ? Menyusui itu bisa saja dilakukan asal ada niat. Kurangnya pengetahuan kadang membuat para orang tua tidak "ngeh" akan kebutuhan bayinya, bayi baru berumur 1 bulan sudah disuapin pisang, bubur, dan lain2, padahal kebutuhan bayi di bawah usia 6 bulan hanya ASI, ASI dan ASI.

Saya gak akan bercerita ttg ASI, ASIX , ASIP, Cara memerah ato cara penyimpanan, cobak aja cari digugel, pasti banyak literatur yang menjelaskan seluk beluknya ASIP ato ASI Perah. di blog ini saya hanya ingin bercerita ato tepatnya sharing tentang pengalaman menyusui bayi saya yang sekarang berumur 3 bulan.

Dulu aku pikir menyusui itu mudah, lha wong tinggal buka BH, sodorin ke bayi, udah. Ternyata tidak seperti itu. Menyusui itu gampang2 susah. Dukungan dari orang2 terdekat, terutama suami sangat berpengaruh. lancarnya ASi itu jg dipengaruhi olehpikiran. kalo kita rileks, santai kayak dipantai, yha lancar. Kalo kita setres, kepikiran utang, yho bakal mampet. Kayak dulu waktu Dinda dirawat itu, padahal dia lagi butuh ASI banget, tp aku setres, akhirnya ASI gak keluar, dipompa sampek pegel yho hasile mentok 10 ml, sampek panas dan perih kabeh PDku. Siapa yg gak setres liat jari2 mungil anaknya ditancepin jarum inpus disana sini, dohh. sedih banget kl inget.

Ket : sekarang fresernya ini penuh nuh...
sampe rak yang dipintu itu juga penuh uyel2an ASIPnya hehehe...

naruhnya ditidurin biar muat banyak, tempat es krim juga dah kena gusur :D

Back to ASI. Waktu dinda dirawat itu dan asiku lg mampet, bukan dukungan yg aku dapet dari keluarga (ibuku dan ibu mertuaku). Ibuku selalu bilang gini "itu anake tante diwenehi Sufor(Susu Formula) yho apik2 ae kiy", ditambah lagi ibukku dapet dukungan dari ibu mertua "anaknya si ini, anaknya si itu, minum susu formula yha bisa gendut gitu", apalagi ditambah riwayat Kakak iparku yg ngasih Sufor ke anak2nya. Lemes saya, udah baby blues, gak dapet dukungan buat ngasih ASI, sedihhhhhhhhhh. Mo marah yha gak bisa, bisanya cuman nangis. Tapi aku masih bersyukur, suamiku selalu dukung aku, dan ngajak aku buat konsul ke klinik Laktasi. Aku juga berterimakasih buat Mbak Dian, Mbak Lystin, Maki, Mbak Qomara, pokoknya yg selalu support aku buat kasih ASI, thanks alot.

Waktu Dinda dirawat, aku sempetin ke klinik Laktasi di RS St Carolus. Aku konsul dengan bidan. Mbayarnya 98rebu. Waktu diruang tunggu, aku suedihhh poll poolan, semua ibu bawa bayinya, bahkan sebelahku itu anaknya kembar dibawa semua, sedangkan aku tanpa Dinda dipangkuan :(

Waktu konsul diajari ttg seluk beluknya ASI, mulai dari perlekatan (aku praktek ama boneka :(),makanan yg memperlancar ASI, diajarin massage payudara, dan diajari meres ASI secara manual pake tangan. Breatpump Medela manual yang aku beli 400rebu itu skrg dimuseumkan, karena ssuakittt kalo pake BP itu sodara2, sia-sia wes tiwas tuku.

Ajaibbb, setelah pulang dari klinik laktasi, produksi ASI ku semakin meningkat. Pertama2 40 ml, meningkat jadi 60 ml, meningkat lagi 70 ml, sampai suatu hari waktu itu pernah dpaet 100 ml, Alhamdulillah, senangnyaaaaaaaaa :D

Seneng banget pas bisa ngasih ASI perah ke Dinda sehari semalam, waktu itu Dinda udah bingung puting, jadi dia gak mau mik ke aku langsung, maunya ama dot, putingku dilepeh2. yhawes gakpapa, nanti kalo dah sembuh kita sama2 belajar lagi yha Nak.

Setelah Dinda umur sebulan, aku baru bisa meres ASI buat stock. Sehari dapet 1 botol @120 ml aja udah seneng buanget. Jadi kalo malem ayahnya yg shift malam buat jagain Dinda, gak ada alasan "kan aku gak bisa nyusuin", soalnya "kan sekarang bisa pake botol" hahahaha......jadi saya bisa tidur lelap sodara2 :)) wuihhhhhh punya bayi itu, tidur nyenyak menjadi barang langka loh :D

Dulu pas aku belom bisa meres, aku pikir botol UC1000 yang aku kumpulin sebanyak 30 biji itu gak akan kepake "wahh sayang banget gak kepake, tiwas ngumpulin" sempet mikir jugak "ntar kl aku nguli lagi, anakku minum apa ?", Alhadmulillah sekarang botol UC yang 30 biji itu kepake semua, malah sampek beli botol UC lagi 100 biji, tambah botol ASI dari carolus yg @200 ml itu 10 biji, tambah beberapa pake plastik HDPE soale lg krisis botol, semuanya penuh ASI :D sampek dibela2in beli kulkas lagi. Alhamdulillah.

Sekarang Dinda sudah bisa ditinggal, dia di rumah sama mbak pengasuh. Persediaan ASI di freeser juga masih mencukupi. Di freeser kantor juga ada beberapa botol hehehe (maaf temans, fresernya saya kuasai) Sehari selama aku nguli kurang lebih 8 - 10 jam dia abis 350 - 400 ml, sekitar 3-4 botol UC1000. Sedangkan aku meres sehari 5 kali, bangun tidur, dikantor 3x, ama sebelum tidur. Sehari bisa dapet 600 - 780 ml, cukupan lah.

Dannnn.........beginilah efek setelah minum ASI, telerrrrrrrrr.............zzzzzzzzz...



_D Building 2nd floor, DM , 10112009_

13 comments:

cengpo said...

iso buder ngunu yoh?
anake mbakku kok ga sebunder dinda yoh biyen?cuma dowo thok arek e
padahal asi terus sampe saiki

nothing said...

melu seneng bu.. melu seneng anakmu tahes ibune bapakne waras,

Bangsari said...

poto sing lagi nyusoni endi?

lusi said...

hebat banget, stoknya melimpah. temen ktrku di ktr cuman 2x perah.

Lestari said...

JEMPOLLLLL buat mbak vivink dan dinda!! :)

Yeni said...

Alhamdulillah... hebat pipink... sampe penuh kulkas e :D... slamats yha nak dinda... dirimu bs dapet ASI Pull.... :D

Evi said...

tetep semangat yo!
jgn kyk aku males, dikantor ASI diperes tp dibuang.

eh...eh...aku sempet ngumpulin botol UC buat dirimu, tp tak tau mau dikirim kemana...?,

Manda La Mendol said...

aduh lucu banget, pipinya itu lho. Kalau ngidam kupang buat adeknya dinda bilang yaaa.....

Wuland said...

Wah ... maknyus tenan stok ASIPnya Dinda :D Gara2 kepikiran pembantu yg pulkam trs Khansa hrs ditaruh di penitipan anak alhasil ASIku jd menyusut, pernah seharian ga meres sm sekali :( Smoga aq tetep semangat spt kmu Ving

Madam Voisin said...

Hidoep sapi perah !!! Huehehehe...
Tuku kulkas sing gae ie cream walls iku loooh... sing iso mbok cemplungi pisan wakakakakak...

lady said...

lha kl asip nya jd es batu gmn? apa musti dipanasin dulu? kburu nangis dong babynya. bukankah air susu kl dah membeku itu pecah?


*sorry katrok :P msh belajar sih*

Anonymous said...

Mbak,pengen bgt kyk mbak bisa kasih asi. Anakku umur 5 bln cuma minum sufor, b'henti minum asi sejak 3 bln tiba2 asi dah ga kluar krn jarang diisap(aku kerja) dan stress pula krn bnyk masalah, aku ga peres àsi waktu itu krn ga ngerti. Skrg bisa ga ya asiku kluar lagi kyk dulu..hiks..help me please..

tepung gasol said...

Waah hebat banget bun...
Share dunk asupan makanan bunda supaya ASI melimpah...

Semoga babynya sehat selalu ya bun..