Monday, September 16, 2013

Saya Hipertiroid

Jadi saya ini sering gemeteran/tremor, badan juga makin kurus, lemes, nafas ngos-ngosan. Selama ini saya cuekin, lha wong saya ini kalo kelaperan yha gemetaran, jadi gak masalah, ntar dimasukin makanan juga tenang lagi. Lemes dan ngos-ngosan? mungkin capek ngurusin dinda. Badan kurus? yha saya cuekin, lha wong saya ini olahraga tiap hari lho. Kepedean saya :D

Meskipun ada gejala, saya santai saja. Sampai suatu hari saya curiga, udah kenyang, abis makan, masih gemeteran aja. Selera makan saya mengerikan, apapun makanannya, saya selalu nambah 3kali, iyha 3x, serius, sampeyan gak salah baca. kadang juga saya ngambil nasi+kuah sayur itu sampek tumpah2 saking gak muat itu piringnya. ora umum pokoke. Lha tapi badan saya ini kok semakin kurus? Jauh lebih kuruuusss dari postingan yang di sini. Kalopun saya olahraga itu biar sehat, kalo berat badan turun, itu bonus, nahhh biasanya bonusnya 1-2kg, lha ini bonusnya kebanyakan hehe, sampe celana pada melorot semua, saking kempesnya perut saya. Tulang-tulang menonjol di sana-sini, kayak tengkorak hidup, mengerikan hihihi... Sebenernya seneng punya badan kurus, tapi sedih juga kalo kurusnya ora umum, amit-amit karena penyakit hohoho jangan sampe deh. Sambil browsing kesana kemari, saya ini sebenernya punya penyakit apa, tapi tidak ada hasil, kebanyakan penyebabnya masalah syaraf.. waduuh, lha kok ngeri.

Sampai suatu saat, saya merasa tremor ini sudah mengganggu saya. Saya jadi gampang banget emosian, apalagi kalo pas terburu-buru (*lhahh kalo emosian emang udah dari dulu kale :D), ngomong cepet banget belepotan, cepet capek, sering keringetan sampek gobyoss, sehari bisa ganti baju 2-3kali. Saya merasa saya harus segera ke Dokter, saya merasa ada yang tidak beres dengan tubuh saya, tapi saya gak tahu kenapa.

Maju mundur, ke dokter - enggak - ke dokter - enggak. Ngajak juragan periksa, tapi saya sendirinya ragu, saya sakit gak sih? akhirnya selalu gak jadi :D Sampai suatu hari saya kepengen banget ke dokter, karena merasa terganggu banget dengan kondisi tubuh saya. Rencananya mau ke dokter syaraf dulu, karena hasil browsing menunjukkan ada yang tidak beres dengan syaraf saya. Tapi akhirnya diputuskan ke dokter umum dulu, dengan alasan kalo kenapa-kenapa dokter umum pasti lebih tahu nanti akan dirujuk ke mana.

Sabtu pagi, 20 April 2013, Kami satu paket (saya, juragan, dinda) berangkat ke Rumah Sakit Bhinneka Bhakti Husada di perempatan Gaplek, jl Raya Cabe. Kami daftar ke dokter umum. Dinda heboh sendiri donggg, dia mau diperiksa juga. Untungnya di UGD dan sedang kosong, jadi dinda ikutan rebahan di tempat tidur yang kosong :D Saya diperiksa, ditanyain keluhan-keluhannya, dokternya mulai curiga ada sesuatu, akhirnya saya di EKG/rekam jantung, dan hasilnya 130/menit (normal kurleb 60-80/menit). Konsultasi sebentar, kemudian saya dirujuk ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam/ internis, Dr. Martin Batubara, Sp.PD.

Saya mulai was-was. Kemudian daftar ke dokter Spesialis penyakit dalam yang kebetulan prakteknya jam 5 sore. Ok lah. Pulang.

Singkat cerita, Jam 6 malam harinya, saya lagi di periksa Dokter niy. Seperti biasa, waktu saya rebahan, Dinda hebohh nangis-nangis mau ikutan zzzzzz. Lha kan tempat periksanya cuma satu, disabotase sama Dinda, yha sudah ngalah, saya diperiksanya sambil duduk di kursi wkwkwkwk... disuruh ngangkat tangan lurus kedepan, iyha tremor, dicek jantung 120/menit, diraba leher ada pembengkakan tiroid/gondok. Dokternya langsung ngasih vonis...HIPERTIROID. Duhhh Gustiii, penyakit apalagi ini T_T Langsung lemes dan dropp banget saya huuhuuuu :((

"Secara klinis sudah jelas hipertiroid, tapi untuk lebih yakin cek laboratorium dulu biar ketahuan angka-angkanya. Ini saya kasih obatnya, tapi jangan diminum dulu, cek darah dulu baru minum obatnya", kata dokter Martin. Ok dok.

Hipertiroid adalah kondisi berlebihnya jumlah hormon tiroid. Untuk info lengkap bisa gugling sendiri yha, ada banyak kok info-info tentang hipertiroid

Gejala-gejala Hipertiroid diantaranya :
-gemetar/tremor --> iya
-keringat berlebih, --> iya
-tidak toleran pada panas --> iyha
-mata sensitif terhadap cahaya --> iyha
-pergerakan usus meningkat/mudah lapar --> iyha
-Selera makan semakin bertambah --> iyha
-penurunan berat badan yang drastis --> iyha
-gelisah --> iyha
-cepat lelah --> iyha
-menstruasi tidak teratur --> tidak
-mudah nervous --> iyha
-emosi labil (cepat marah),--> iyha
-sukar tidur, --> iyha
-meningkatnya detak jantung--> iyha
-Hipertensi --> iyha
-kadang-kadang disertai sesak nafas/ngos-ngosan--> iyha
-Kerap buang air besar/diare --> tidak
-Mata melotot/bola mata menonjol terjadi akibat pembengkakan otot dan jaringan lemak di sekitar mata. --> tidak
-Biasanya kulit menjadi hangat, lembab dan terdapat hiperpigmentasi --> iyha
*Saya sadur dari berbagai sumber

Senin, 22 april 2013 ke RS lagi, cek darah dan nebus obat. Singkat saja, Selasa 30 April ke dokter lagi, nyerahin hasil lab. Hasilnya?
T4 : 21.40 rujukan 4.87-11.72 ug/dL
TSH-s : kurang dari 0.01 rujukan 0.35-4.94 uIU/mL
FREE T-4: 4.00 rujukan 0.70-1.48 ng/dL

Dokter "iyha, tinggi......hipertiroid", kemudian dikasih obat lagi.

Pengobatan Hipertiroid:
-PTU 3x1 : ini untuk menekan produksi hormon tiroid, pahit'e pol-polan >_<
-Propranolol 2x1 : untuk jantung

Menurut pengalaman dokter yang sudah 20tahun menangani pasien hipertiroid ini, penyakit ini BISA SEMBUH, tetapi makan waktu yang sangat lama, 1thn itu minimalnya, bisa lebih dari itu. Menurut beliau, hanya ada 1 pasiennya yang bisa sembuh hanya dalam waktu 9 bulan. Huuuhuuu mengerikan, ngalah-ngalahin pengobatan untuk TBC yang 6 bulan. Hidup saya jadi tergantung pada obat :|

Dokter menganjurkan supaya saya rajin minum obat, tidak boleh lupa, kalo sudah terlanjur lupa, digeser saja jam minumnya. Pasiennya yang tidak kunjung sembuh itu adalah pasien-pasien yang bandel minum obat. Siap laksanakan dok. Harus kontrol sebulan sekali, dan cek darah tiap 3 bulan sekali. Kalau kondisi membaik, dosis obat akan diturunkan tiap 3 bulan.

Kalau ditanyain orang, "mbak viving kok kurus banget sih?", jawaban saya tetep "owhh, saya olahraga mbak". Kenapa ving? malu yha kalo ketauan punya penyakit? enggak sih, tp lebih karena :
1. Eh tapi bener kan saya olahraga :D
2. Saya males njelasin, lha wong hampir tiap orang yang saya temui komennya sama, gak mungkin lah saya jelasin satu-satu, capek boo'. Mau konferensi pers juga saya ini bukan artis :D

Selama pengobatan dokter menyarankan untuk tidak hamil dulu, karena sangat beresiko. Jadi kalo ada yang tanya "kapan Dinda punya adik?" ato "kapan nambah anak?" ketawain aja, kemudian ceplesi, trus dorong ke laut biar dimakan ikan hiu grhgrhgrhgrh

Oh yha, pesen saya, buat para wanita yang gudangnya segala rasa sakit (*gak lebay lho, ini beneran), tapi seringnya dicuekin atau gak dirasakan, ayo mulai sekarang jaga kesehatan, olahraga-lah, trus kalo merasa ada yang gak beres sama kondisi tubuh, monggo di cek aja ke dokter, gak usah sungkan-sungkan, jangan males-males "ntar aja deh, ntar aja deh", penyakit itu (*yang di jaman sekarang jadi hal biasa) semakin dini terdeteksi akan semakin baik, jadi bisa lebih cepat ditangani, Ok?

Doakan saya BISA SEMBUH yha.. aamiin. Terimakasih.

Serua, 1 Mei 2013 (*kelamaan di draft)

103 comments:

gita said...

tahun 2006 aku didiagnoa kelenjar tiroid, aku ga tau persis apa ini hypertiroid or bukan, tp iya berat bdanku menurun drastis sampai 10 kg, dan beberapa gejala di atas dan aku putusin bwt operasi. setelah itu ya berat badan balik normal trus cenderung lemu vink

cepet sembuh ya

Yogi Marsahala said...

Halo bu, gimana hypertiroid-nya?
Semoga sudah sembuh, yaa.
Kalau sempat kunjugi blog saya di http://www.goocap.com
Terimakasih, bu Vi!

Anonymous said...

malam mbak....saya juga kena hipertiroid mbak,sedih ya mbak pas diagnosa disebutin dokter,mbak mending udah punya anak,saya malah belum mbak,saat ini saya lagi program hamil,saya sudah konsultasi dengan dokter penyakit dalam dan dokter kandungan kata mereka gak papa,jd saya semangat meski gak taunya nantinya gimana yang penting obat jangan lupa diminum dan doa tiada henti.....semangat ya mbak

Anonymous said...

Halo mbak. Saya jg kena hipertiroid, dan disarankan dokter utk operasi, tp saya masih takut karena setelah baca2 dikatakan bahwa setelah operasi harus minum obat seumur hidup utk mengatasi kebutuhan hormon tiroid. Itu benar atau tdk ya mbak? Masalahnya saya masih 19th. Dan apakah ada efek2 samping lainnya stlh operasi? Tolong dijawab. Terima kasih.

Pinkina said...

@Gita : suwun Git. iyho kiy aku tambah lemu, dan cenderung lemu terus Git hahaha tooossssss
@yogi : Alhamdulillah sudah membaik, terimakasih sudah mampir
@anonymous 1: semangatttt yha, hipertiroid bisa sembuh kokk. kl hasil konsul boleh hamil berarti kondisi klinis anda lebih kuat/lebih bagus daripada saya, tetep semangat yhaa
@anonymous 2: mending cari second opinion dulu deh yha, kalo emang harus operasi yha berarti operasi, karena kondisi tiap penderita beda2 termasuk gejalanya juga beda2. sharing aja, dokter saya tidak menyarankan operasi, hanya terapi ptu saja, semoga cepet sembuh yha

Jeng Menik said...

Piye dek kabare saiki ? sorry baru sempet mampir "omah"mu. Safakallah ya... semoga segera diangkat penyakitnya dan sehat seperti sedia kala, amiiin

Anonymous said...

Sya jg penderita hipertiroid... Awal nya ketawan saat aku hamil n janinnya tidak berkembang

Anonymous said...

Setelah melakukan pemeriksaan ketauan lah krn saya hiperteroid sedih bgt n takut ga bs punya anak lg kira2 itu thn 2012... Rutin saya minum PTU 3 bulan pengobatan... Sy kebobolan hamil... Takut bgt baby knp2.. Tp kata dokternya "alhamdulillah, rizky dr allah" saya trs minum obat saat hamil n periksa darah tiap bulan... Bayi mahal bgt deh pokonya...

Anonymous said...

Alhamdulillah bayi nya lahir dgn sempurna... Tp sedih liatnya bayi baru lahir harus d ambil darahnya utk pemeriksaan apakah dy jg kna tiroid... Krn biasanya klo ibu nya hiper anak nya hipo... Alhamdullah anak sy bebas dr gangguan tiroid... Setelah melahirkan sy lepas PTU nya krn menyusui ga blh minum obat kan... Awal2 lepas ky jungki bgt... Krn PTU itu obarat dopping/ norkaba bwt tubuh kita... Ya allah perjuangan bgt buat nahan rasa lemes... Badan tuh berasa ga ada tulangnya *lebay :) .. Alhamdulillah sampe sekarang sy ga minum obat lg... Dr akhir 2012 sampe skrng... Skrng ini sy banyak minum rebusan daun sirsak... Krn ga bagus juga bwt tubuh kita klo kebanyakan minum PTU

Anonymous said...

Maaf mbak anonymous diatas, mau tanya. Kan td kebobolan hamil stlh minum ptu 3bln, masih ingatkan posisi hormon wktu cek darah 3 bln sebelumnya/bahkan saat itu? Kebetulan sy jg sdg minum ptu 4bln ini, pgn banget hamil tp doktr blm saranin kl blm normal semua hsl cek darahnya. Krna wlaupu hipertiroid, menstruasi sy teratur, tdk sprti pndeerita hiper lainnya. Terimakasih..

Anonymous said...

Lupa saya mba... Tp kynya msh ada merahnya d tshs nya... Jd kebetulan saya pke 2 dokter internis... Nah dokter yg kedua ini lbh praktis.. Beda dgn dokter yg pertama saya jg ga blh hamil dulu... Dokter yg kedua ini pas saya bilang hamil... Dy bilang gpp, gift dr tuhan gtu. N kebetulan dy jg hyper...

Prima said...

Makasih sharingnya mba.
Saya baru mulai terapi hipertiroid ini :)
Jadi semangat minum obat biar lekas sehat.

Anonymous said...

Mb anonymous yg kebobolan hamil saat pengobatan, bisa sharing? Karena saya jg kebobolan hamil... agak was was dan butuh masukan

Anonymous said...

Selama proses kehamilan semua lancar2 az yh mbak? Ga ada kendala? Tiap bulan pergi kontrol kedokter? Saya juga hipertiroid dan pengen hamil tapi masi takut..

SivanLife said...

Hi salam kenal. Saya penderita hipertiroid dan sedang dlm masa pengobatan. Yg jadi masalah selama pengobatan itu gigi saya sering linu (padahal tidak ada yg lubang) dan sering kali biduran... Kayanya kurang kalsium, saya sudah cerita ke dokter tapi dokter bilang tidak ada hubungannya... Ada yg bisa kasih masukan... Terima kasih.

latiraira@yahoo.co.id said...

Hai...bunda vivi...aq diponis hipertiroid it 2011.ank pertm umr 2thn...aq kaget bgt pas tau hipertiroid ku uda stadium 4...kebayang betapa seksi y (tgl tulg mksdy) hsl leb y..(t4=295.04.....tsh=<0,05)...aq diksh obt PTU..PRopanolol...sgkt crt 6 bln dilwti sukses trn jd stadium 2.e...kebobolan...tkt plus khwtr donk..tkt knp" sm janin y...disitu mulai gk teratur minum obt y...alhmdllh...baby ku lahir selamat.sehat.normal....sls lhrn cek lg...naik lg jd stdum 4 lg...rutin lg...normal lg jd trs smp 1 thn e...kebobolan lg...wlupun dokter ngmg y"yakin aj buk.janiny gkpp.trsn aj obt y"diati kecil in masi tkt aj pdhl ud pengalaman yg ke 2 kmrn....badel gk tertr lg minun obt y...na disini mucul msh br..bun..periksa kedokter..saran dktr stop buat hamil plus disaranin buat steril kr klo hamil lg yg ke 4 resiko y gede....cms bgt...kebtln tuhan ngasi jalan buat mempermuda cobaan...ank ku yg ke 3 lahir dg jln operasi kr plasenta nutupi jln lahir....ya sekalian aj disteril...gagal da buat dpt ank cwek...hhhhhhh ank ku laki" semua( nico..nicky..nizam)sgkt crt ank ku lhr dg bobot cm 2 kg...gkpp la yg pntg sht sempurna...2ank ku susu pormula.. Skrg ank ku umr y 4 bln..aq bgrs dibagian leher ku brtmbh besar..wlupun aq blm smpt cek lg aq mulai rutin lg minum ptu d propanol sejak ank ku lahir...aq bibggung bgt uang uda banyk habis tp gk sembuh juga....lelah minm obt trs ud hmpr 5 thn...

Ipoul Bangsari said...

Waduh. Baru baca... :( semoga lekas pulih

Anonymous said...

Mba,ak juga hipertiroid dan memang bandelll banget minum obat. Huhu dr tahun 2006 sampe skrg blm smbuh. Skrg ak udh menikab dan pengen punya baby,baru menikah 5 bln,tp.msh kosong terus mba. Stlh ini aku akan ke dokter dan seriusin penyembuhan. Huhuhu.
Oiya,yg membuat ak berbeda dari ciri2 hipertiroid yg lain,badanku gak.kurusan coba mba. Malah menggendut waduhh. Jd makan ya gak bs banyak2 bgt,bisa melaarr nnti.

Semoga lekas sembuh ya mba :)

Ami.

elsa ninda Meifira said...

Sekedar sharing aja..
saya juga udh setaun lebih dapet hipertiroid.. awalnya sariawan menuhin mulut, badan panas, n detak jantung cepetnya bukan main.. hbis itu saya periksa ke dokter, cek darah n alhasil saya dapet penyakit itu.Awalnya berobat di RS yg ternama di kota saya, tpi obat nya gg mempan sama sekali. Yaudah, untungnya ada dokter spesialis tiroid, saya berobat kesana dan di kasih thyrozol. Alhamdulillah, ada angsuran meskipun dlm skala yg kecil bnget.
Lalu saya pergi ke pijat refleksi yg sekaligus ada terapi lintah nya. Awalnya sih geli bnget lihat lintah, apalagi ditempelin ke leher. Tapi saya harus berobat, harus sembuh, saya pengen punya baby secepatnya klo udh merid nanti. Alhamdulillah, bru dua kali terapi lintah, plus pijat refleksi n minum obat, bengkak di lehernya mulai mengecil. Mungkin cara ini bisa mbak2 coba. Selagi ada usaha n keyakinan, pasti hasilnya akan lebih baik.

Anonymous said...

Aq mia 29thn dg 1anak 23m.. seneng deh bs nemu blog ini.. aq didiagnosa hipertiroid dg tshs 0.0031.. awalny aq demam 3hr batuk.. dada kanan sakit bgt telentang bersin batuk tarik nafas pjg sampe nguap pun sakiiit.. semenjak aq demam itu aq lemes gemeter.. kl keluhan mata kabur aq rasain sejak aq melahirkan tp hilang timbul..
Aq di ksh ptu 3x1 200mg propanolol 2x1/2 10mg b complex 3x1.. 4hr pengobatan aq turun 1kg.. 1mnggu jntung msh berdebar kdg sakit di dada sm lengan kiri.. k dr jantung propanolol di naikin jd 3x1/2 + neurobiad 1x1.. alhamdulillah enak bs jln lg tnp gemeter.. minimal aq bs kerja ke kantor.. awal2 pengobatan aq d kntor cm rebahan.. 1bln pengobatan alhamdulillah naik 2kg.. dosis ptu msh sama.. cm propanolol diturunin krn aq pusing.. kt dokter pengaruh itu..

Anonymous said...

Lanjut ya bun.. suamiku pingin nambah anak tp aq takut.. gmn nanti 9bln melalui kehamilan dg riwayat hipertiroid.. gmn persalinannya? Gmn baby nya normal ga.. gmn bundanya stlh melahirkan kambuh lgi ga? Aq pnh dgr tmn ku hipertiroid anakny hiper jg.. aq cm menyiapkan mental dn fisik.. yg terpenting tiroid ku normal lg.. sempet di tawarin akupuntur.. glucogen.. daun sirsak tp aq ga berani minum.. aq minum kulit manggis kl kakiku berasa sakit.. kl mataku mulai lelah aq suka buat jus wortel jeruk.. awal2 rasanya sedih ga bs gendong2 anak dlu..
Dg baca komen2 ini semakin semangat sembuh..insyaallah..

Anonymous said...

Bun biar cpt sembuh tips nya apa yaa??

maya apriyanti said...

Mba elsa.. mau nanya soal terapi lintahnya dimana ya? Saya lg ga ke dokter lg uda bbrp bulan n obtnya bolong2 minumnya..gejala yg gampang keringetan n mata agak bengkak uda ga lg, tgl berat badan masi naek turun n sariawan nonstop 3 bulan ini ganti2 lokasi...makin jd susa makan kl lg parah sariawannya makanya agak kurus lg...tdnya uda 50 kg skrg 47 kg lg..saya mau cb tu terapi lintahnya..makasi infonya mba

Anonymous said...

Kalo berat malah nambah ITU hipo bukan hiper.. Aku jg tiroid hiks.. Cape bgt harus minum obat tiap hari huhuhu

Rati's Blog said...

Huhuuuu.. Saya juga nih.... Hiperaktifff eh hipertiroid... Kata dokter hrs segera operasi... Tp orgtua aq nyaranin utk konsumsi air rebusan daun sirsak... Ini baru nyoba... Di liat 6 bln kdepan... Klo membaik... Gak jd operasi deh... Klo masih dan malah nambah parah... Trpaksa operasi... Klo ada yg alami dulu coba aja dulu...

Rati's Blog said...

Huhuuuu.. Saya juga nih.... Hiperaktifff eh hipertiroid... Kata dokter hrs segera operasi... Tp orgtua aq nyaranin utk konsumsi air rebusan daun sirsak... Ini baru nyoba... Di liat 6 bln kdepan... Klo membaik... Gak jd operasi deh... Klo masih dan malah nambah parah... Trpaksa operasi... Klo ada yg alami dulu coba aja dulu...

Anonymous said...

Mbak aq jga kna hyperteroid.
Skrg ini aq sering skt2 :(
Sedih bgt. Takut suami gk syg lagi
Kdg perng terfikir knpa allah kasih cobaa n yg sngt berat.
Pengen bgt punya ank. Tpi udh 7bln nikah blm diksh. Kwn aq bru 1 bln udh hmil..
Krna penyakit teroid ini.
Sma dokter sya diksh obt tyrozol 20mg dan propanolol diminm sehri sekli...
Kdg dileher sya sering gatal kyk digigit nyamuk padhl gk ada..
Sharing donk mbak gmn biar cpt sembuh n cpt punya baby.terima kasih
Novi

ika said...

Hi mbak Vivink..piye kabare??HT mu juga piye??semoga sdh sembuh ya..klo dah sembuh apa tipsnya??bagi2 dong..

Ummu Alif said...

MBa Vivi...sharing juga yah..saya terkena hipetiroid sudah 2 bulan ini ..dan sudah enakan..tp 2 minggu lalu kambuh lagi,..malah tambah parah kayaknya skrang..krna disertai diare..rasanya tersiksa...minta sharing dong yang sudah sembuh dari hipetiroid...

Anonymous said...

Waah ternyata banyak ya penderita hipertiroid . Saya menderita hipertiorid th 2007 dan telahdioprasi sama dokter spesialis leher dan kepala yg sudah ahli menangangi penyakit tiroid karena apabila tidak diangkat tidak akan bisa hamil :( tp sama dokter disisakan sedikit sebelah kiri utk mengontrol hormon . Setelah oprasi masih konsumsi obat yaitu thyrozol dan vitnya nevramin tp makin lama dosis dikurangi sampe 2 minggu sekali dan tetap harus kontrol ke dokter . Tapi berhubungsudah capek riwa riwi ke dokter dan mengkonsumsi obat, badan juga udah ngerasa sehat naik berkilo2 akhirnya bandel buat ga kontrol lg dan minum obat selama 2 th . Awal 2015 mulai merasa jantung berdebar lagi karena banyaknya aktifitas kampus dan stresa gara2 skripsi kemudian kumat t3 t4 ths tidak normal lagi alias hiper . Kemudian minum obat tyrozol lagi dan lab eh jadinya malah hipotiroid . Alhamdulillah hasil lab saya skrg sudah normal dan dokter minta saya stop obat . Kesimpulannya hiper sama hipo lebih gampang pnyembuhan hipo karena hanya mengontrol saja sedangkan hiper lebih susah karena harus menurunkan hormon yg kebanyakan . Jangan stress karena hormon ini sangat sensitif apabila kita mempunyai banyak pikiran. Disarankan olahraga yoga . Dan penyakit ini dapat sembuh dg sendirinya kalo suasana hati kita lg seneng . Dokter saya cuma pesen stu hal jangan stress tp ini memang yg saya alami sendiri sejak stress penyakit saya lgs kumat . Semoga yg kena penyakit tiroid disini bisa sembuh total ya sis disini

puput fujyana said...

Mba anonymous yg kebobolan, saya jga lagi pengobatan dan saya lagi hamil juga, bisa ksih masukan?

puput fujyana said...

Mba anonymous yg kebobolan, saya jga lagi pengobatan dan saya lagi hamil juga, bisa ksih masukan?

fuji syifa said...

Maaf sbelumnya mbak mbak.. aq jg lg kena penyakit hipertyroid ni, br sadar puasa rmadhan kamren klo ada benjolan di leher, trs priksa ke dokter umum, n blg klo aq positif kena hipertyroid,di ksih obat ptu n propanolol, sruh cntrol 10 hr ke depan, tp aq nya bandel, jd ga prnh cotrol stlh itu, ga terasa benjolannya tmbh gede, bln sptember kmren priksa lg, trs rutin smpk skrg, rajin priksa dah pkoknya. Kmren2 smpt brhenti mnum obat,krna capek mnum obat trs, n gnti mnum rebusan ciplukan, hampir sminggu ga ada hsilnya, n bdan serasa pnas dngin n sprti mau pingsan, trs priksa lg ke dokter, dsruh oprasi, tp aq ga berani. Di ksih obat ptu n propanolol lg.
Aq pngn nyoba minum obat n rebusan sirsak, kira2 boleh ga ya, tp mau aq kasih jeda minumnya. Mngkn temen2 yg lain tau. Mkasih sebelumnya

ika said...

mbak anonymous, bisa rekomend siapa dokter spes leher dan kepala? di RS mana? saya coba minum bekatul Dr. Liem + obat juga lebih enakan di badan..semoga membantu :)

nurul said...

sore semua..hr ini ak baru periksa dr dan tnyata hiperthyroid terapiny dengan thyrozol dan propranolol..knp ya minum propranolol jd keringetan di tangan dan kaki ada yg pernah ngalamin ga...trus hypertiroid bikin dada kiri trasa ga nyaman...emg bgitu ya?mksh ya sharingnya seneng deh nemu blog mba vivink ini...jd bisa sharing...

Anonymous said...

Saya di vonis hipertiroid sebulan yg lalu. Ibu saya sadar saya sadar bahwa leher saya sperti membengkak 4 bln. Tp krna tdk ad sakit d leher saya abaikan. Lalu tremor ini jg saya biasa rasain krna saya maag jd klu telat mkn y suka gemetaran. Emosian saya jg orngnya gampang emosian dr dlu. Lalu 4 bln stelah ibu blng kyknya makin bengkak aq beraniin k dokter..oleh dokter umum aq langsung d cek darah.

Hasilnya luar biasa....ga satupun yg normal,,yg rendah y rendah bgt,,,yg tinggi y tinggi bgt.

TSHs= <0,004 uIU/mL rujukan 0.25-5
T3= 446 ng/dl rujukan 81-178
T4=>24 ug/dl rujukan 4.5-12.5

Saya kaget pas d blng harus minum obat menahun.Lalu saya d rujuk k internis yg jutek. Dy blng obat dlu,,nanti selanjutnya d lihat lg,,klu operasi bs berwnti minuk obat..jd dlm pikiran saya yg orng awam saya tanya ap bs kemungkinan operasi d percepat aj dok krna biar saya berenti minum obat (krna pengen yg praktis aj klu sampe setahun kinim obat bolak balik terus k dokter duidnya bnyk bgt)dy jawab "kamu
Minum obat dlu, kalau 446 gini tiroid kamu ga ad dokter d dunia ini yg mau operasi kamu" saya makin down.

Saya d ksh propanolol n PTU d awal minum 2x3 sehari,,kontrol kedua d kurangi 1x3 sehari..

Stiap 2 minggu sekali saya kontrol. Namun dlm saya teratur minum obat saya ngalamin gejala lain yg sebelum berobat ga saya alami kyk demam,meriang,biduran,keringat dingin sampe saya ganti baju mlm bs 3x krna basah, jg mual muntah...jd saya balik 10 hati kemudian d ksh antibiotik sama dokter buat 5 hari, namun stelah anti biotik habis saya ngalamin keluhan yg sama semuanya lg..saya balik lg stelah 10 hari n d beri antibiotik lg utk 5 hari. Kata dokter ini krna infeksi bakteri n selain keluhan d atas kelenjar getah bening d leher saya jg ad pembengkakakan namun ini efek dr infeksi katanya. Akhirnya stelah minum antibiotik yg kedua keluhan semua hilang. Berat saya dlm 20 hari dr 45 skrng tinggal 38,5..tulang d mana, mata cekung dan sayu,,pipi kempot.

Krna dokternya jutek saya ga bnyk dpt informasi ttng penyakit saya,,,stiap x kontrol dokternya cm nanya keluhan terus d ksh obat n ga bnyk nerangin apa2. Tp 1 hal yg aq simpulin kyk nya dokter ini menghindari yg namanya operasi.

Aq jg minum daun ciplukan selama 2 minggu tp aq ga kuat lg pahitnya jd skrng minum ibat dr dokter aj. Tremor,keringatan n emosian sudah ga ad mbak. Hanya saja bengkak d leher memang semakin bertambah geden tp terlihatnya hanya ketika saya lg menelan klu pas lg diam aj orng yg ga merhatiin ga akn sadar klu leher bengkak tp pas nelan memang bengkakny itu saya perhatiin makin nambah bsr sedikit.

Andai saja dokter umum ga blng klu internis saya ini orng ug ahli dlm bidang tiroid sebenarnya ogah mau berobat sama ini dokter.

Yg jd pikiran saya,,,6 bln lg saya akan d lamar,,,n 9 bln lg saya akn menikah..namun ortu ingin saya terus terang ttng penyakit ini kalau msh blm sembuh k besan. Namun pacar saya melarang takud ortunya ga bs nerima sementara toh penyakit itu bisa d sembuhkan juga. Saya takud 9 bln lg ini makin bsr d leher saya gi mana cara sembunyiinnya. Atau saya takud kambuh d saat saya sedang sibuk menyiapkan pernikahan. Saya jg takud utk hamil jd nya krna baca pengalaman mbak2 d atas. Untung calon saya ga menuntut apa2 n nerima semua kemungkinan terburuknya.

Adakah mbak2 d sini yg Tiroidnya sampa 446 lebih??brapa lama kah berobat?? Apa sampe operasi?? Berapa biaya operasi?

fuji syifa said...

Maaf ni..
Gejala mbak apa ya, apa matanya melotot jg seperti saya ?
soalnya efek gondok saya, mata saya melotot.

ratih sekar said...

Alhamdulillah nemu blog nya mbk vivink, ketemu sm teman2 senasib :) kalau baca tulisan temen2 kayaknya rata2 penderita hipertiroid itu orangnya pada suka humor, termasuk saya hehehe...
Dan pengalaman saya kalau pas lg lemes badannya biasanya langsung buka youtub cari yg lucu2, kalau udah ketawa ketiwi gitu ga lama seger lg badannya.
Mungkin itu bisa d jadikan salah satu alternatif kalau pas lg lemes, resah dan emang stres dikit aj udh "sakau" ni badan hehehe (istilahnya lebat y)
Mungkin jg di bulog ini bisa sharing cerita lucu buat doping semangat

Arum wulan said...

akhirnya saya menemukan komunitas penderita hipertitoid jadi saya tidak merasa sendirian... sekedar sharing aja mas dan mbak, saya terkena hipertiroid sejak 2011. waktu itu saya belum menikah. awalnya saya gak paham apa itu hiperitoid kemudian saya browsing2 tetapi setelah membaca saya jadi semakin sedih dan pesimis akankah saya bisa sembuh, akankah saya berumur panjang, bagaimana kalau saya tidak bisa hamil??? sampai akhirnya tahun 2013 saya menikah dan tidak boleh hamil. kemudian saya menemukan artikel bahwa dengan meminum rebusan tanaman ciplukan (apa ya bahasa indonesianya saya kurang tahu) bisa menormalkan hormon tiroid. kebetulan di rumah saya banyak tanaman seperti itu (itu lho yang kaya ceres tapi buahnya ada pembungkusnya, dan ternyata benar hormon saya T3,FT4,dan TSHs semua normal dan akhirnya saya boleh hamil dan sekarang anak saya berumur 7 bulan alhamdulillah sehat walafiat. tetapi setelah melahirkan saya sering stres karena capek dan banyak pikiran akhirnya sekarang hormon saya kembali naik turun. sampai sekarang mungkin belum normal karena setelah 3 bulan lalu belum saya cek ke lab. akhirnya saya dapat saran dari suami untuk mencoba bekam dan perubahannya lumayan bagus saya jadi lebih berenergi.. sapai sekaraang saya tetap minum PTU, rebusan tanaman ciplukan , dan juga bekam. dan tidak lupa selalu berusaha perpikiran positif. jadi buat mbak mbak yang kena hipertitoid tapi belum hamil jangan menyerah dan jangan putus asa...selalu berusaha. semoga kita semua segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. aamiin

ratih sekar said...

Takarannya berapa untuk tembusannya, sama minumnya berapa kali sehari

Kay said...

Hik detak jantung yg kna hipertiroid klo ga mnm propranolol brp? Mnm propanolol brp mg rata2?. 10 or 40 mg.Aq kna bis lahiran anak kedua. Apa cz bis marah2 or stress or cesar or vaksin? Tp disyukuri udh pny 2 anak. Cm kasihan anak2. Aq awal2 t3 449 t4 21 tshs <0.0025. Skr t3 t4 normal tshs naek. Thyrozol 30 mg jd 20 mg jd 10 mg. Moga sembuh. Cape mnm obat.

Anonymous said...

Ada grup fb ga ya buat hypertiroid ini?bs share obat traditional ..dokter dll..sy juga hipertiroid tp skrg cenderung k eitiroid tsh & ft4 normal..

ika kurniawati said...

Alhamdulillah ..terima kasih sharingnya mbak2 smua.
Kebetulan saya masih single 24thn ..saya divonis terkena hipertiroid sejak 7 tahun yang lalu tepatnya pas kls 3 SMA. Selama itu sampai lulus kuliah saya minum obat terus selama 4 tahun sampai akhirnya hormon saya dinyatakan normal.
Saat ini saya sudah 2 thn bekerja dn saya rasa perlu cek hipertiroid saya lagi. Saya dimita dokter untuk usg tiroid dan test darah. Tes usgnya udah kluar dan nodul pole bawah yang paling besar 2.64cm x 2.29cm. Saya takut sekali karena dokter usg bilang knpa tdk diangkat saja? Ini benjolannya udah ada 4..dan semuanya aktif kalo dibiarkan bisa jd kanker. Saya takut sekali. Sedangkan hasil test darah blom keluar. Tapi saya memang sudah tidak merasa tremor, mata jg tdk melotot, dan berat badan normal.
Mohon infonya apakah ada yang benjolannya lebih besar? Dan kapan kita harus memutuskan untuk operasi?
Terima kasih

fuji syifa said...

Maaf, mau tanya ni ma tmn2, ada ga tmn2 para hipertiroid yg susah menelan ?
Sy sdh sktr 5 bulanan terapi ptu n prpranolol, mmg sih mata melototnya udh brkurang,dtak jntung jg kdg2 aja palpitasinya,tngan gemetar jg sdh brkurang,bobot naik melambung tinggi smpk 60 kg,awalnya 52 kg. Tp akhir2 ini susah nelan makanan,apalagi mnum obat,hrus di drong mkanan br bs msuk ke perut,klo ga,nyangkut di tenggorokan,ma dokter blm boleh oprasi dlu krna hormonnya blm normal. Tlg donk jawabannya tmn2,galau niiii

fuji syifa said...

O ya mbak anonymous, saya jg udh bbrp hari ini lepas ptu, emg gini ya rasanya lemes,kepala nyut2an,trus detak jntung brdetak cpt lg.
Mbak brp lama kah rasa lemas ini bs hilang ya ?

Anonymous said...

Assalam. Umur sy 27thn dan belum menikah. Tahun lalu br tau kalau sy terkena hipertiroid. Lalu d anjurkan untk konsumsi PTU. Sdh 7 bulan kontrol keadaan makin baik, namun bukan ke 8 sy rasa mata sy makin membesar, maka sy kontrol ke dokter mata. Dan katanya kemungkinan karena tiroid sy, dan pas d cek lab ternyata sy sdh beralih ke hipotiroid. Namun baca2 beberapa artikel mengenai dampak dr hipertiroid. sy memutuskan untuk berhenti obat dokter dan beralih ke herbal, karena ada testimoni dlm 7 bulan sdh sembuh (tergantung kondisi pasien). Dan ini sdh 2 bulan sy berhenti mengkonsumsi obat dokter.. tp namanya juga herbal, kerjanya lbh lambat sy lbh mudah capek, tp haid sy mulai teratur dada juga tidak berdetak hebat seperti awal. Spertinya sy akan lanjut mengunakan herbal... sy gunakan herbal dr HPAI.
Bulan ni sy br akan cek darah lagi... semoga akan ada kabar baik...

esther said...

Halo semuanya, sy di vonis dktr hipertiroid akhir januari 2016, sy d srh minum ptu dan propanolol, setelah 3 minggu sy di rawat di RS karena salah obat, badan saya tdk bs menerima obat tsb, saya mengalami demam tinggi 40,1 dan sekujur tubuh saya merah spt gosong terbakar, dari ujung kaki sampai kepala, obat untuk tiroid sy akhirnya di ganti menjadi thyrozol 10mg dan bisoprorol, saran saya untuk penderita hipertiroid hati2 dg obat yg d minum jgn sampai merasakan apa yg saya derita, sampai skrg sy msh sk demam dan jantung msh cpt denyutnya, kdg msh gemeteran, cpt emosi.

fuji syifa said...

Halo, pas mutusin lepas obat,gmn reaksi nya di badan ?
soalnya aq kmren ini lepas obat n mnjalani terapi alternatif,tp kok badan rasanya lemes,kyk ga ada tulang,trus pusing,n jntung berdetak cepat,sy klo mslh jntung lgsg jd parno klo detaknya cepet gtu. Cape jg mnum obat. Pngn beralih ke herbal, herbal apa ya yg bagus buat normalin hormon tiroid n nenangin detak jantung yg semrawut ini ? Herbal HPAI itu apa ?

fuji syifa said...

Lehernya bengkak ga ?
trs detk jntungnya gmn ? Apa cepet jg ?
klo aq mnum ptu,leher gatel2...

Sari Puspitawati said...

Mba mau tanya kl untuk cek tyroid itu awalnya ke dokter mata atau inernist ya?

Sari Puspitawati said...

Mba mau tanya kl untuk cek tyroid itu awalnya ke dokter mata atau inernist ya?

fuji syifa said...

Dokter pnyakit dalam mbak sari

Ika said...

@mbak sari:penyakit dalam klo bisa yang sub endokrin@mbak fuji Syifa:saya juga Hipertiroid sdh 1 th Alhamdulillah sdh normal, yang penting ikuti anjuran dokter dan minum obat rutin jgn putus, krn klo tidak minum obat ya bisa melonjak naik lagi, yang sabar ya jeng n ikhlas krn mmg ibaratnya sdh takdirnya..

Mitha Rusady said...

Assalamu'alaikum semua..
Perkenalkan..nama saya Mitha..
Saya divonis Kanker Kelenjar Thyroid Stadium 3..
Saya awalnya sama gejalanya dengan kawan-kawan semua..
Saya Lifter (Angkat Besi) di salah satu Propinsi di Kalimantan..
Awalnya saya tidak menyadari bahwa saya "sakit"..
Karena selama ini saya sakit cuma batuk karena alergi debu..
Saya menyadari adanya benjolan dileher sebelah kanan setelah saya fitness..
Apabila setelah saya latihan menggunakan alat selain dumble, saya langsung keringat dingin..
Singkat cerita, saya mutasi dinas ke kota kelahiran saya..
Mamam (Ibu) saya mulai sering mengajak saya ke dokter..
Tapi saya tidak mengindakan permintaan beliau..
11 Mei 2014, saya menikah..
10 Juli 2014, saya tidak tahu kalau saya hamil 10 minggu..
17 Juli 2014, saya ke Dokter Spesialis Kandungan..Dr. RW, Sp.OG
Beliau berkata saya keguguran sudah sekitar 7-10 harian, beliau menyarankan ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam, diketahui saya tremor, benjolan dileher saya itu adalah benjolan Thyroid..
Saya dirujuk untuk Biopsi di Dokter Spesialis Patologi Anatomi, kemudian hasil itu dikembalikan ke Dokter Sp.PD..
Kembali saya dirujuk ke Dokter Spesialis Bedah Kanker Sp.BK..divonis Kanker Thyroid Stadium 3..
Saya hancur dan menangis dipangkuan Mamam saya..
Mamam saya pun menangis..
Dirumah kami masih menangis..
Saya pindah Sp.PD, kami kenal dengan ayah Sp.PD yang merawat saya..
Ternyata Sp.PD sangat baik..
Hari ini sudah 7 bulan saya tidak ke Sp.PD, karena saya lagi tugas belajar diluar pulau Kalimantan..
Tremor sudah jauh berkurang..Keringat juga jauh berkurang..Nafas sudah tidak terlalu ngos-ngosan..
Sp.PD menyarankan saya untuk mengkonsumsi Thyrozol, Diet Gula, Minum Jus Detok (ini saya meminum Bawang Khas Dayak, namanya Bawang Tiway), dan yang ini sangat diluar kepala saya, yaitu Terapi Syaraf..
Beliau menyarankan Terapi Syaraf karena kata beliau ada syaraf yang tidak beraturan..
Dan yang terpenting saya harus happy, banyak bersenandung, kalau bisa murottal atau hafalan Al-Qur'an bagi yang beragama Islam, padahal Sp.PD itu Nasrani..

Ayo semangat kawan..!!!
Mari sama-sama kita melawan itu penyakit..
Semoga kita bisa bersama-sama sehat kembali..

Salam,
Mitha ( jupebiru5432@gmail.com )

fuji syifa said...

Mbk ika ada benjolan di leher ga ?

fuji syifa said...

Wa'alaikum salam mb mitha, kbrnya hr ini gmn ? Apa smpk skrg msh mnum obat ?
sdh brp lama mnum obatnya ? Benjolan di leher apa sudah kempes ?

هنية الملكة said...

Assalamu alaikum ... Saya jg punya hipertiroid sudah tiga tahunan sekarang ini saya kambuh lagi dan berat badan pin turun lima kilo.. Kok saya ga nafsu maan ya.. Teman teman saya ingin sekali nambah lagi berat badan huhuhuhu apa karena stress? ..

DARINA said...

Saya jg hipertiroid...sudah 5 tahunan thn 2012. Masih eutiroid...kadar t3 t4 tsh normal hanya benjolan dileher lalu saya hamil dan melahirkan di thn 2015 saya kembali mengalami gejala hipertiroid lalu periksa darah t3 t4 saya tinggi dan tsh rendah sekarang masih minum obat ptu.tp saya masih bingung dan galau karena saya menyusui berat badan say saya turun drastis, tiap jmp org selalu dikomentari knp saya kurus x saya jd malu campur sedih..saya harus gmn ya mba...

Anonymous said...

Mb vivian..dulu disuruh usg dulu ga? Saya di diagnosa struma tiroid dan di suruh usg dulu 3 hari lagi..

ochie wanda said...

Ass mau ikutan shared.. Aku juga kena hipertiroid, setelah 2 bulan nikah baru ketauan kalau kena tiroid. Hopeless krn dokter internis bilang susah hamil. Sempat dikasih obat tyrozol dan propranolol.. Setelah 2 mgu minum, ternyata aku terlambat haid dan setelah di test pack positive.. Akhirnya memutuskan untuk ke dok. Obgyn dan ternyata memang benar aku hamil dgn usia kandungan 6 mgu. Alhamdulillah antara senang dan was2. Skrg usia kandungan 37 mgu.. Selama hamil terus kontrol dgn dokter endokrin dan obgyn.. Obat PTU pun tetap di minum. Wlpn sempat beberapa kali dibilang berat bayinya kurang, tapi dokter endokrin nyaranin buat makan es krim terus.. Sampe akhirnya di 36 mgu kmrn beratnya sudah 2,8kg. Sekarang, yg jd dilema adalah bingung mau lahiran cesar ato normal.. Krn banyak yg menyarankan utuk tidak lahiran normal,,terlalu beresiko. Masalahnya dokter obgyn pun blm menyarankan apa2.
Bismillah,, doakan yg terbaik ya.. Semoga aku dan baby nya sehat dan lancar apapun kelahirannya nanti. Semoga ibu2 yg comment di blog ini juga bisa cepat menyusul hamil yah.. Amin.

ochie wanda said...

Ass mau ikutan shared.. Aku juga kena hipertiroid, setelah 2 bulan nikah baru ketauan kalau kena tiroid. Hopeless krn dokter internis bilang susah hamil. Sempat dikasih obat tyrozol dan propranolol.. Setelah 2 mgu minum, ternyata aku terlambat haid dan setelah di test pack positive.. Akhirnya memutuskan untuk ke dok. Obgyn dan ternyata memang benar aku hamil dgn usia kandungan 6 mgu. Alhamdulillah antara senang dan was2. Skrg usia kandungan 37 mgu.. Selama hamil terus kontrol dgn dokter endokrin dan obgyn.. Obat PTU pun tetap di minum. Wlpn sempat beberapa kali dibilang berat bayinya kurang, tapi dokter endokrin nyaranin buat makan es krim terus.. Sampe akhirnya di 36 mgu kmrn beratnya sudah 2,8kg. Sekarang, yg jd dilema adalah bingung mau lahiran cesar ato normal.. Krn banyak yg menyarankan utuk tidak lahiran normal,,terlalu beresiko. Masalahnya dokter obgyn pun blm menyarankan apa2.
Bismillah,, doakan yg terbaik ya.. Semoga aku dan baby nya sehat dan lancar apapun kelahirannya nanti. Semoga ibu2 yg comment di blog ini juga bisa cepat menyusul hamil yah.. Amin.

ieda said...

Assalamualaikum, uah dua mnggu saya di fonis teroid, awalnya badan lemes,sesak nafas sampek perit kembung, dikasih obat ptu n pro, ptu dmnum 3x1,prop 2x1. Tpi pas 10 hrian minum obat badan kok panas dan ulu.hati sakit,itu kenapa ya bisa bagi2pengalaman gak...atau qt bisa.saling saring2,,atau buat grup wa gt

ieda said...

Mbak fuji.ad.pin bbm gak,agar qt bisa sharing2

devilish angel said...

assalamualaikum mbak2 semua...
Nama saya nina, umur 34 tahun, mommy dr anak perempuan 4th dan anak laki2 2th. Ketauan hipertiroid itu persis 1 tahun yg lalu. Berkali2 ke dr.umum tp sakit maag akut gak sembuh. Suddenly di depan mata ada dokter internist. Penasaran tanya ama suster, ternyata penyakit dalam. Entah knp kekeuh bgt, suami ikutin kemauan saya yg penasaran. Ternyata pas banget, baru bbrp menit aja i dlm, dokter langsung bilang kalau ini sakit hipertiroid.
Dlm waktu bbrp bulan BB turun 20kg. Srmpet allergic obat (lupa) namanya apa and di ganti PTU.
Uah berbulan2 males minum obat, pait bgt.jd minum nya jarang2, tergantung mood.
Kira2 ada info obat lain atau therapy gak ya.. udah males minum obat... thanks ya info nya

Anonymous said...

Klo kita males minum obat sembuhnya jg makin lama mbak. Harus ttp ditelateni minum obat.
klo kita rajin kesembuhan jg makin cepat.. ibu sy jg dl kena hipertiroid dan setahun minum ptu sdh sembuh, tp memang ketahuannya blm parah...
teman sy ada yang ketauannya agak telat, sdh 7 tahun ini minum tablet thyrozol krn awal2 jg bandel g minum obat.. akhir2 ini sudah rajin minum dan semakin bagus kondisinya.
sy sendiri jg krn hamil ada perubahan hormon, jd kena hipertiroid, baru tahu stengah taun setelah melahirkan.. tp gpp, yg penting kita berusaha g kelupaan minum obat... :)
Obat herbal susah dipercaya, adanya kita akhirnya habis biaya byk utk herbal tp malah tdk sembuh kan eman ya.. obat dari dokter sdh sembuhin byk org jg kok mba... klo PTU mbak g suka, cb ganti ke Thyrozol.. fungsinya sama, cm di Amerika biasa pakai Thyrozol, klo di Eropa pakai PTU.. di Indo ada semua... coba tny dokter sj.. kadang ada yang cocok, pakai Thyrozol cepat membaik..
jgn nyerah mbak, tetap rajin konsumsi obat, krn hipertiroid kalau semakin parah, bisa gagal jantung/stroke.. kasian anak2 mbak kan...

Mahkota Medical Centre Surabaya said...

Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
2. informasi fasilitas & kesehatan
3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
Regard
Danang Sefdyanto
Surabaya Representative Office
Mahkota Medical Centre
Jl. Barata Jaya XIX / 31C
Surabaya 60131 - Indonesia.
WA : +6281 331777697
Line: +6281 4026 2166
Mobile: +6283 8300 28050
Phone : +6231 5020588 / 5026505
Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

Arum wulan said...

Biasanya saya rebus secukupnya mbak trus diminum 2 kali sehari.. sampe sekarang masih tetap pengobatan

Unknown said...

hai semua, nama saya sinta 25 tahun dan belum menikah. saya baru ketahuan hypertiroid setelah pemeriksaan T3 T4. T3 saya 5.07 dari yang normal 0.58-1.59. dan T4 saya 19.90 dari yang normal 4.87-11.72. untuk TSHS saya >0.0025 dari yang normal 0.35-4.94. ciri cirinya hampir sama yaitu berat badan terus berkurang, cepat cape, makan banyak tetapi ke belakang terus. pertama ke dkter di resepin PTU 3x1 dan Propo 2x1. tetapi baru saya minum 1 kali langsung gatal seluruh badan sehingga diganti thryrosol 10 mg 3x1. sampai sekarang saya masih meminum obat itu dan nanti periksa T3 T4 lagi setelah sebulan. setelah membaca pengalaman dari Ibu Ibu disni saya sedikit lega karena ternyata bisa hamil walaupun sulit. semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kesembuhan dari penyakit itu. very good sharing. thank you :)

lita narulita said...

Hai smua sy lita 37thn uda mau setahun menderita hipertiroid dn beberapa Bulan ini aga bandel ga disiplin minum obat dikira uda sembuh eh kg taunua uda seminggu kambuh lagi badan lemes trs lapar terus padahal hbs makan.. pas baca pengalaman dari ibu2 dn emba disini jd semangat hrs rajin minum obat biar sembuh Aamiin... skr minum PTU 2X1 trs proponolol 1x1. Sy jg blm dikasih anak ternyata uda berobat kmn mn kedokter kandungan ternyata susahnya dr hipertiroid... seneng bs ikut sharing disini thankyuu ya

Wiwin said...

Senang bisa berbagi pengalaman disini, saya Wiwin 37 tahun, saya termasuk orang yg cuek dan tidak menghiraukan diri saya sendiri. Pada tanggal 20 Bulan ini saya periksa kedokter internis dikota saya beliau seorang profesor penyakit dalam dengan sup kardiovaskular, saya diperiksa dan diUSG jantung saya lalu beliau mmemberikan resep oba. Beliau tidak meminta saya untuk periksa darah. Lalu saya pikir mungkin dia sdh sangat ahli dengan usianya yg lanjut.
Selama ini sebenarnya saya sadar ada yg seperti tidak rata dileher saya, saya sadari pada saat saya memakai krim malam dan saya oleskan juga di leher. Tapi karena tidak ada rasa sakit apapun jd saya tidak menghiraukan, lalu pada akhirnya saya merasa sulit mengambil nafas panjang hingga akhirnya sy kedokter dan positig hypertiroid.

Wiwin said...

Senang bisa berbagi pengalaman disini, saya Wiwin 37 tahun, saya termasuk orang yg cuek dan tidak menghiraukan diri saya sendiri. Pada tanggal 20 Bulan ini saya periksa kedokter internis dikota saya beliau seorang profesor penyakit dalam dengan sup kardiovaskular, saya diperiksa dan diUSG jantung saya lalu beliau mmemberikan resep oba. Beliau tidak meminta saya untuk periksa darah. Lalu saya pikir mungkin dia sdh sangat ahli dengan usianya yg lanjut.
Selama ini sebenarnya saya sadar ada yg seperti tidak rata dileher saya, saya sadari pada saat saya memakai krim malam dan saya oleskan juga di leher. Tapi karena tidak ada rasa sakit apapun jd saya tidak menghiraukan, lalu pada akhirnya saya merasa sulit mengambil nafas panjang hingga akhirnya sy kedokter dan positig hypertiroid.

listia said...

Senang sekali menemukan blog ini, saya listya 31 thn, br hr ini saya dinyatakan hipertiroid oleh dokter pdhl belum melakukan tes lab. Awalnya saya hny merasa cepat lelah, jantung berdebar dan badan gemetar selama kurang lebih 1 bln tp selalu saya diamkan. Sampai pd akhirnya bbrp hr yg lalu saya masuk igd krn muntah dan diare yg saya pikir seblmnya dikrnkan maag. Dr igd saya disarankan untuk ke dr internis dan ternyata dinyatakan positif hipertiroid, dan saya bsk br akan melakukan pemeriksaan darah, semoga saja hasilnya baghs. Saya mau menanyakan apakah ada mknan yg pantang untuk dimakan bagi penderita penyakit seperti kita, dan adakah makanan yg sebaiknya kita konsumsi untuk menurunkan kadar tiroid ? Terimakasih...

Febryan Paudi said...

Daun sirsak memang sudah terbukti bagus.

Kalau sulit mencari daun sirsak kering dari pohonnya langsung, di sini ada bentuk teh celupnya >>

KLIK >> http://berkhasiat.web.id/jualan/jual-teh-daun-sirsak/

~ Atau yang lebih AMPUH LAGI, minyak daun sirsak + Habbatussauda + Propolis, klik di sini

~ atau kunjungi situs www.berkhasiat.web.id

~ atau langsung pesan sarang semut secara online ke 0813-80-262524 (Ryan) -- SMS/WhatsApp/Telegram/Line

BELAJAR BAHASA said...

Penyakit hipertiroid dapat disembukan dengan berbagai terapi

zahwa namyra said...

Hallo mba viving..Salam kenal.bnr ga ya nulis namanya😀mau sharing ttg hipertiroidnya bisa minta emailnya mba??? Tengkyu😊

ratih sekar said...

Assalamualaikum, bagai mana kabarnya kawan kawan semua, saya alhamdulillah sdh hmpr 1 thn sejak di vonis hipertiroid. Pengalaman saya selama ini minum ptu dan obat darah tingginya hanya satu bulan karena pada waktu itu setiap minum obat detak jantung saya makin cepat dan keringat dingin, dan ketika kontrol ke dokter jantung katanya hipertiroid itu seperti darah tinggi jd harus minum obat terus, lalu saya putuskan untuk berhenti minum obatnya dan setelah itu saya sudah tidak keringat dingin lagi dan detak jantungnya sdh normal, inti terapinya adalah selalu optimis dan yakin bisa sembuh, jaga makanan kontrol asupan garam, lemak, gula. Dan yang terpenting adalah jaga hati sebisa mungkin mengontrol amarah sehingga tubuh dapat melepas hormon kebahagiaan, selalu bersyukur dan banyak istigfar. Insya Allah sembuh tapi ada kungkinan kambuh kalau stress....so keep smile

Peluk besaaaar bukan kawan kawan senasib :)

ratih sekar said...

Assalamualaikum, bagai mana kabarnya kawan kawan semua, saya alhamdulillah sdh hmpr 1 thn sejak di vonis hipertiroid. Pengalaman saya selama ini minum ptu dan obat darah tingginya hanya satu bulan karena pada waktu itu setiap minum obat detak jantung saya makin cepat dan keringat dingin, dan ketika kontrol ke dokter jantung katanya hipertiroid itu seperti darah tinggi jd harus minum obat terus, lalu saya putuskan untuk berhenti minum obatnya dan setelah itu saya sudah tidak keringat dingin lagi dan detak jantungnya sdh normal, inti terapinya adalah selalu optimis dan yakin bisa sembuh, jaga makanan kontrol asupan garam, lemak, gula. Dan yang terpenting adalah jaga hati sebisa mungkin mengontrol amarah sehingga tubuh dapat melepas hormon kebahagiaan, selalu bersyukur dan banyak istigfar. Insya Allah sembuh tapi ada kungkinan kambuh kalau stress....so keep smile

Peluk besaaaar bukan kawan kawan senasib :)

Zeyrkitty Cat said...

Sy juga penderita hipertiroid, sejak 5 bln lalu, (sebenarnya sdh bertahun2 lalu sdh ada gejala tp bs hilang sendiri)..
Sy minum Thyrozol 10 mg, dan smp sekarang kadang masih sering sesak dan berdebar..

Zeyrkitty Cat said...

Sy pnederita hipertiroid, jg kadang sakit di ulu hati, gak tahu kenapa, mungkin krn asam lambung atau efek obat,,, blm berani nyaranin apapun sih, krn sy bukan ahlinya..
Semoga kita semua diberi kesembuhan oleh Allah.. Amin..

Zeyrkitty Cat said...

Semoga lekas sembuh mbk mitha,, semangat terus ya,, Semoga kita semua diberi kesembuhan sm Allah,, Amin..

Zeyrkitty Cat said...

Setelah aku browsing2 ternyata ada pantangan makanan bagi penderita HIPERtiroid (pantangan yg berbeda dr hipo).
Terutama kurangi asupan makanan yg mengandung iodium/yodium/natrium/asin2, juga produk susu/kedelai,mie instant, jg makanan yg terbuat dr terigu, pengawet, pemanis, dsb,, info lebih lengkap silahkan browsing di google,,

Rafika Nur Amalia said...

Saya rafika, 27th, anak 1. Lg cari2 info hipertiroid ketemu blog ini. Rasanya semangat lg. Saya turun 20kg setahun ini. Baru ngeh kurusan dan ternyata dicek ke dokter diagnosanya ini. Baru kmrn cek t3 t4 tsh. Sempet stress gr2 baca artikel bs gagal jantung dan saya ad riwayat bell's palsy Dan ud berapa hari ini dada kiri ikutan jd sakit kyk ketarik,gak tau ada hub ap ngga. Selama baca semua komen dr atas smp bawa, jd berasa pengen nangis, takut. Tapi berusaha positif dan semangat krn banyak solusi dr temen2 disini

Anonymous said...

Update,,saya sudah sembuh

idha Upw said...

Hi ibu ibu dan kakak kakak �� Saya idha , umur 20 tahun , udah kena hyperthiroid dari awal masuk smp ☺️ Awalnya dikasi obat dua jenis tapi lupa namanya , cuman karna bandel malas minum obat sampe obatnya hancur kemakan waktu , penyakitnya makin parah , hampir semua gejala saya rasakan , tapi sekarang udh mulai lagi pengobatannya , alhamdulillah berat badan udah naik jadi 50kg , benjolan dileher juga mengecil , tapi kalo dalam urusan mata , menstruasi , sama kulit (kulit menghitam kata dokter saya juga gejala tiroid ini , bukan karna suka berjemur loh yaa ��) masih belum normal , nah berhubung liat diblog sini banyak juga yang senasib sama saya (terkena Hyperthyroid) usul aja nih , gimana kalo kita buat grup difacebook buat sharing sharing aja , mungkin ada yang mau join ?

Euis Ratnawati said...

Hi.. sayanjuga penderita hypertiroid ..ciri2nya sama dengan mba ving .tp saya ga turun berat badan apa karna makan saya makin menggila? Malah disuruh diet ama dokter.. hahaha..

Euis Ratnawati said...

Apa mba groupnya.. buat share ..bagus idenya

Intan Sri Uji Pangestu said...

Permisi yaaa. Saya mau tanya apakah disini ada yang berobat menggunakan obat dokter dan juga obat dari alternatif ? Jika ada apakah itu membantu proses penyembuhan

Anonymous said...

Aku juga hipertirtiroid subklinis mbak dan gejala yg mba rasakan itu sama yg saya rasakan.by boy

iky garbadi said...

Bikin aja line nya.. coba add line : ukyawsss
Nnti saya gabungin semuanya di group kita sharing

iky garbadi said...

Kalo saya pribadi gejalanya gini
Gada benjolan sama sekali, ekg juga normal, sepertinya faktor stress meningkatkan hormon tiroidnya..
pkoknya gejalanya hbs tiduran trus langsung bangun itu berdebar ya, atau buat sholat juga berdebaran.. kalo gejala lain itu gampang laper.. selain itu gada.

iky garbadi said...

Add aja line : ukyawsss
Tar kita bkin group

Eva Ria said...

Selamat siang,,, sekedar info.
Muugkin bisa gunakan obat herbal HPAI,,, sbgai alternatif. Sodara saya jg ada kena hypertiroid.

Testi produk. Bismillah
HYPER TIROID SEMBUH dg herba hpai.
Saya dinyatakan mengidap hypertiroid sejak tahun 1995. Krn tdk bisa dioperasi, akhirnya saya mengikuti saran dokter dg minum obat selama bertahun2 dan rutin cek darah. Hasil lab terakhir malah menjadi HYPO thyroid dan terdeteksi kepadatan tulang yg mulai berkurang.
Saya lalu disarankan oleh teman saya agar mengkonsumsi kopi radix rutin setiap pagi sebelum sarapan, Gamat 2 btr pd sore hari, dan Spirulina 2x2 btr sehari. Tujuh bulan kemudian, sy cek darah hasilnya sangat mengejutkan, saya dinyatakaan sembuh dan tdk perlu obat2an yg selama berpuluh tahun dikonsumsi. Subhanallah ... 7 bulan tanpa obat kimia, dengan resep herba yg tepat membuat saya terbebas dr obat2an yg mengancam ginjal saya.
Semoga testimoni ini bermanfaat. Sampai sekarang saya tetap melanjutkan resep tersebut dg dosis perawatan.
Saya pun ikut kelas KHT agar dapat berbagi ilmu juga kepada orang lain.
DEWI SULISTIOWATI | 278942.ID01
Vila Nusa indah
Kab. Bogor

Mkn bs tnya2 saya 081322001131.

Unknown said...

Saya jg baru didiagnosa hipertiroid ,gejalanya sy rasakan sebulan lalu. 4bln lalu sy baru melahirkan anak kedua, semoga gangguan tiroid saya krn postpartum thyoriditis krn kemungkinan walaupun lama bisa sembuh n normal kembali, cm yg saya takutkan obat yg saya komsumsi berpengaruh pada asi sy dan bayi, adakah teman2 disink yg punya pengalaman hipertiroid yg sdg menyusui

okisiwie nia said...

Saya jg baru didiagnosa hipertiroid ,gejalanya sy rasakan sebulan lalu. 4bln lalu sy baru melahirkan anak kedua, semoga gangguan tiroid saya krn postpartum thyoriditis krn kemungkinan walaupun lama bisa sembuh n normal kembali, cm yg saya takutkan obat yg saya komsumsi berpengaruh pada asi sy dan bayi, adakah teman2 disink yg punya pengalaman hipertiroid yg sdg menyusui

Zeyrkitty Cat said...

Teman2 sy mau tanya, adakah yg juga mengkonsumsi kapsul ciplukan & teh daun sirsak?
Kabarnya bisa mengempeskan hipertiroid?

Ataukah ada yang pernah operasi tiroid?

Mohon untuk berbagi pengalamannya ya..

Krn sy bingung, skg tiroid sy membengkak & ada rencana utk operasi..

Sy harus bagaimanakah..?

Zeyrkitty Cat said...

Mbk boleh tanya?
Pada saat menjadi Hipo, hasil test labnya berapa kah?

Krn sy bingung, dokter yg satu bilang saya hipo, sedangkan yg satunya lagi bilang kalau sy hiper.
Sedangkan gejala yg sy alami dua2nya (hipo & hiper)

Kalau boleh tahu hasil test lab mbk pas jadi hipo, t3, t4 & tsh berapa?

Adn Awn said...

Assalamualaikum.. Salam kenal Mbak Vivink dan semuanya. Perkenalkan saya Acih, sy hipertiroid jg sdh hampir 8 thn.

Hampir semua obat sdh saya coba,, yg manis, asem, asin, tawar, pahit pokoknya apa yg kata org bisa menyembuhkan tiroid saya langsung coba. Dokter, sinse, tusuk jarum, rebus"an tradisional, obat" herbal sdh sy coba ( ke dukun aja yg gk dicoba, hehe.. dan jgn sampai yaa). Tp Allah blm memberikan kesembuhan.. detak jantung cpt, mata melotot, kulit kering, rambut rontok, lengkap hiks hiks hiks

Alhamdulillah 2th setelah di diagnosa hipertiroid sy hamil, Alhamdulillah hamil kembar. Perasaan sy wkt itu seneng, kaget, takut (kebanyakan browsing, jd parno). Alhamdulillah dg perjuangan yg luar biasa, dan dipantau terus sama dokter peny dlm, ttp minum ptu jg akhirnya sy melahirkan, bayi nya selamat dan sehat.

Sama dokter sy disarankan operasi krn kasian kerja jantungnya jd berat katanya. Tp sy gk berani, sy pilih minum obat aja. Memang sekarang keluhan yg menonjol klu hormon nya lg tinggi ada di jantung, detaknya cpt selalu diatas 110/dtk, alhasil cpt cape jari" tangan gemetar, jgn kan beraktifitas, bicara aja cape.

Dua bulan yg lalu temen saya kirim broadcast massage, hampir tiap hari, katanya produk yg dia tawarakam bagus, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dll. Saya wkt itu bener" gk tertarik, aah mlm, biasa jurus marketing, saya abaikan bc nya.
Suatu hari dia posting di fb produk + khasiatnya, salah satu nya "menstabilkan hormon tiroid dan hormon" lainnya. Mulai tergoda lah saya, emang kebiasaan klu ada yg berhubungan dg tiroid pasti sy penasaran, dan apa salahnya dicoba, bentuk ikhtiar.

Puji syukur Alhamdulillah setelah hampir satu bln konsumsi, saya merasakan perubahan yg baik. Tdk cepet cape, detak jantung normal, leher saya agak kempes (sebelumnya agak bengkak, sy ada foto nya), dan skrg saya coba lepas obat, udah tdk ada stock ptu dan propanolol di rumah (nekad). Insyaa Allah bulan dpn cek darah, mdh2an normal..

Saya disini tdk bermaksud iklan atau menjual produknya, saya bkn member, saya aja beli produknya dari temen yg jd member. Saya hanya menceritakan apa yg saya rasakan. Karena kita tdk tau, dg cara apa Allah memberikan kesembuhan. Sy hanya berikhtiar, dan hasil di setiap org pun pasti berbeda".

Klu ada yg mau coba produknya, namanya Glutavia. Silahkan browsing aja pasti bnyk yg nawarin. Mau sy pesenin ke temen saya jg boleh.

Note: jika teman" mau coba pengobatan diluar medis, jgn sampai stop ke dokter nya. Dua"nya aja di jalanin. Pengalaman saya, berobat kesana kemari, coba obat ini itu, ujung"nya balik lagi ke dokter.

Mdh2an kita semua segera mendapat kesembuhan, sehat, tiroidnya normal. Aamiin..

Mintarsih Asih said...

Halo viving gimana klnjar teroid u skrng udh sembuh blm ?

Mintarsih Asih said...

Hi oki! Saya asih dan saya juga pndrta hipertiroidisme dan skrang sy sdng menjalani pengobatan dan sy juga menyusui . Kata dokter sy si tdk berpengaruh pd asi ...

Ziya Jiang said...

Setelah membaca blog ini ternyara banyak juga penderita hiper atau hipo thiroid. Swmoga semua diberikan kesembuhan. Saya seorang pemerhati astrology bedtanya apakah dapat penyakit hiper tiroid dideteksi dengan tgl dan jam lahir.
Saya butuh 5 orang relawan yg bersedia memberikan tanggal dan jam lahir beserta jenis kelamin. Mohon kerjasamanya yg bersedia hubungi WA 085108007753 terimakasih sebelumnya.

Ziya Jiang said...

Setelah membaca blog ini ternyara banyak juga penderita hiper atau hipo thiroid. Swmoga semua diberikan kesembuhan. Saya seorang pemerhati astrology bedtanya apakah dapat penyakit hiper tiroid dideteksi dengan tgl dan jam lahir.
Saya butuh 5 orang relawan yg bersedia memberikan tanggal dan jam lahir beserta jenis kelamin. Mohon kerjasamanya yg bersedia hubungi WA 085108007753 terimakasih sebelumnya.

Linz Vlog said...

Halo... sekedar share saja.... saya juga penderita hiper tiroid... pengalaman saya dr september2015 saya merasakan paha otot kaki saya nyeri semakin hari semakin parah saya merasakan sakit yang luar biasa di seluruh paha dan betis... karna bandel ga mau cek ke dokter maka pada bulab februari saya lumpuh kaki total dan tidak bs merasakan apa apa.... akhirnya di cek darah lengkap hormon kalium.... ternyata kalium saya turun sampai 0.17.. penyebabnya karna keringat berlebih dan cek hormontiroid semuanya drastis lebih dari batas wajar sangat jauh skali..keringat kluar kalium ilang lumpuh... pada akhirnya saya opname di rumah sakit adi husada surabaya... saya opname selama sekitar 3 minggu... sekarang kadang saya bs lumpuh tiba tiba... maka di anjurkan minum obat tyrozol 10mg dan propanlolol 5mg, cormega, neurochol, kaltrofen 100mg. Penyakit ini jangan main main... bisa myebabkn sakit luar biasa... bahkan lumpuh tiba tiba.. semoga semua yang menderita penyakit ini di berikan kesembuhan... dan alangkah baiknya cepat tanggap terhadap apapun penyakitnya... inilah akibatnya tdk tanggap penyakit saya sehingga lumpuh bolak balik... trima kasih untuk yang punya blog...sangat bermanfaat bagi orang yg mencari informasi...

Widyayanti said...

As. Sya jg penderita hypertiroid dr tahn 2006 saat putri sulung sya berusia 6 bln. Sy konsumsi obat selama 2,5 thn akhirnya di nyatakan dokter sembuh. Ketika sy tanya apakah ada obat yg harus sy minum utk terapi lanjutan,dokter jwb tidak ada. Saya tanya apakah perlu operasi utk membuang benjolan di leher kanan saya, dokter jawab tidak perlu hanya menganggu kecantikan. Krn saat itu sudah menikah dan punya anak ya gakk papa kalau hanya menganggu kecantikan. Setelah hampir 2 thn tidak konsumsi obat n pede sudah sembuh gakk pernah kontrol.tahun 2012 tanpa sy sadari tiroid sya kambuh lg gakk mau makan, nafas sesak, mata sensirif terhadap cahaya bahkan nonton tv saja gakk tahan kena cahaya tv. Suatu hari di antar suami kontrol ke rmh sakit. Cek darah dan ronsen tarnyata teroidnya makin parah dan sayapembengkakan jantung/ penyakit jantung teroid. Di pertengahan 2012 jg sy kebobolan n sudah 8 mgu. Awalny bingung, sedih krn dokter kandungan sempat mengatakan jika dalam satu mgu janin tidak berkembang harus kuret. Tp hati seorang ibu gak rela...saya banyak berdoa memohon pd yg maha kuasa.. Seminggu kemudian pd saat cek ternyata bayinya berkembang dan sehat tp selama hamil sya rutin kontrol ke spesialis kandungan dan penyakit dalam. Alhamdulilah pd saat persalinan jg lewat jalan normal dan sekarang putri kedua sya sudah berusia 4 tahun sehat dan cerdas. Dan sya msh konsumsi ptu dan propranolol di samping itu sya jg konsumsi rebusan bawang mekah/bawang dayak. Sudah hampir 1 thn tp he... He.. Sya kurang rutin.. Klu ingat minum klu gak.... Lewat. Mgu lalu saya cek darah lagi t3,t4, dan tsh. Alhamdulillah t3 sdh normal t4 sedikit lg normal hanya tsh yg masih rendah.
Semangat penderita teroid.. Jangan putus asa soga cerita ini beanfaat....