Monday, November 19, 2007

Mengenal & Menjaga Organ Reproduksi

  • Acara : Kajian Keputrian Jumat Pabrik Panci Daan Mogot
  • Waktu : Jumat, 16 NOvember 2007
  • Jam : 12:15 s/d 13:30
  • Pembicara : dr. Dewi Inong Irana (Dokter spesialis Kulit dan Kelamin )
  • Tema : Mengenal & Menjaga Organ Reproduksi

Ini Kutipan dari rekaman kajian keputrian jumat lalu, semoga bermanfaat:

dr. Dewi Inong said :

Kenapa kita kl pipis ditempat umum hrs disiram?
ada seorang pasien bilang pada saya:
"Dok aku ini sudah terjerumus begini.kenapa orang lain gak kena, knp mesti saya, makanya aku kasih aja ditempat2 umum tuh, gak aku sentor"
dan kemaren sudah ada kasus akibat dr perbuatan seperti itu

Seorang anak 11 thn sering ikut ibunya ke mall, cara pipisnya salah, kena penyakit kelamin.
Ini bukan gambar beruang yha (*sambil memperlihatkan anatomi tubuh wanita), siapa yg gak punya berarti gak boleh duduk di sini, harus jum'atan. ini slide'nya memang untuk penyuluhan ke anak2 SD, karena di Indonesia banyak kasus2 hamil diluar nikah, aborsi, sex bebas dll

//Penjelasan ttg anatomi kelamin wanita

  • Fatwa terbaru MUI --> "tidak menyunat wanita"
  • Vagina adalah ciptaan Allah, elastis bisa melar sampek sekepala bayi, tapi nanti bisa balik lagi gak bakal dol.jadi jangan takut kl nanti dapet jodoh orang Arab :))
  • Selaput dara itu aman asal gak diapa2in, meskipun jatuh dr sepeda kayak apapun kl stang'nya gak masuk yha gak bakal robek :))
// Penjelasan ttg anatomi kelamin laki2

1. Cowok punya sel sperma, kenapa berada diluar ??? menggantung dan melambai2???
-->karena dia hrs 1/2 derajat lebih rendah dr suhu tubuh, supaya kulitasnya bagus.
2. kenapa skrg banyak yg mandul ?
-->karena banyak yg pakek celana ketat, jadi pakaian longgar itu gak hanya buat wanita tetapi juga u/ laki2.
3. Kenapa orang2 dulu banyak anak ???
-->karena orang dulu itu kebanyakan pakek sarung =))
Note :
Nanti kl punya anak laki2 setelah diadzanin, diliat "bijinya" ada 2 apa nggak. kl gak, hrs diturunkan dr tubuh, harus operasi, kl tidak segera dioperasi bisa tidak punya keturunan nanti.

Apa sih mens ???
  • peluruhan dinding rahim
  • sel telur yang tidak dibuahi
Sel telur itu tiap bulan ada yang mateng 1, bisa dr kiri ato kanan, dan lama kelamaan sel telur tsb bisa habis, yang dinamakan masa menapous.
Kenapa wanita bisa menapous sedangkan laki2 tidak :
-->karena Allah sayang ama kita, bayangkan kl umur kita 70 dan masih hamil???
di Indonesia yang paling tua itu ada pasien temen saya itu 54 thn melahirkan.

note :
sel telor sebesar titik pulpen.

//Pemutaran film ttg menstruasi sambil sesekali dijelaskan

Supaya sel sperma dapat bertemu sel telur, saluran tuba falopi ini gak boleh sempit, kenapa wanita skrg juga banyak yg mandul? karena saluran ininya sempit, makanya jangan keputihan (keputihan penyakit), karena kl keputihan saluran ini bisa menyempit. Pernah denger rahim ditiup?? naaahhh itu meniupkan udara ke bagian ini supaya gak sempit lg.. sakit itu..kalo misalnya sperma ada yg berhasil lolos masuk dan kemudian karena sempit tidak bisa kembali ke rahim dan membesar di saluran itu maka itu disebut "kehamilan diluar kandungan"
Itulah perempuan gudangnya sakit, mens sakit, malam pertama sakit,melahirkan sakit, tapi disitulah pahala kita.
Untuk mengurangi badan sakit2 pada saat mens :mengurangi makanan yg mengandung garam.

Kenapa ibu hamil gak mens ??
-->karena dinding rahimnya dipakek bantal sama bayi (Subhanallah)
Kenapa kl mens sakit ??
-->karena rahim itu kayak gini (*peragaan tangan meremas), trus melemah, trus meremas lagi, trus melemah (kayak kontraksinya orang yg mau melahirkan, kadang datang kadang enggak)
kl sakitnya sampek pingsan2 harus segera ke dokter.
Subhanalloh kenapa dibikin begitu sama Allah???
-->setelah saya pelajari, ternyata itu latihan melahirkan.
karena melahirkan itu seperti mens.....cuman ditambah 200% lagi.
Serius, kl laki2 tidak mens dan melahirkan, sudah saya pastikan itu laki2 mati2 karena jantung karena tidak pernah mengalami, karena sakitnya bukan main.
Nanti kl hamil jangan manja yha, kl ibu2 sudah terbiasa kerja dg fisik, nanti pas melahirkan gampang dan gak gitu sakit, karena emang fisiknya udah terlatih tiap hari.Jangan manja trus bilang ke suaminya "Pah nanti aku belikan BMW ini aku lg hamil anakmu" =))

//Penjelasan ttg kb
Spiral : karena ada logamnya dan punya expired date maka tiap 3 thn hrs ganti
Pil, susuk, suntik : mengganggu hormon

Yang gak boleh didalam Islam itu pemotongan saluran telur (steril), tetapi waktu saya di Sulawesi ada kasus :
pasien yang udah di steril(sterilnya itu rapi sekali) tetapi masih hamil, Subhanalloh, kenapa ??? Kunfayakun, karena Allah berkehendak (*loncat kali), dia protes ke BKKBN,saya ikut ngurusin, jadi saya banyak tahu.
Kb tidak boleh salah niat, KB itu u/ menjarangkan anak, tidak untuk membatasi jumlah.KIta tidak boleh takut gak dapet rejeki, tetapi lebih menekankan pada pendidikan moral anak.

//Pemutaran film ttg pembuahan dan sesekali ada penjelasan

kl membahasakan ke anak-anak yang ada itu hubungan suami istri, karena hub sex hanya ada 2 hub suami istri dan zina.

Laki2 tiap hari produksi sperma 150 ribu. kalo udah 100/200 juta akan keluar sendiri melalui mimpi basah yang merupakan mekanisme dr Allah untuk menjaga gak bakal karaten kl gak dipakek.jadi yang suaminya lg sekolah ke luar negeri 1 ato 2 tahun jangan khawatir gak bakal karaten. kl yang udah teratur berhubungan, gak mimpi basah.

kita itu perempuan sangat mahal, makanya jangan diobral saya punya pasien kusta, sebulan ditungguin ama suaminya di RS, Subhanalloh.

Setelah sel telur ketemu sama sperma, lgsg ada selubung, Subhanalloh, di dalam rahim aja sel telur menjaga aurat...setelah masuk 1 sperma kemudian pintunya ditutup oleh Allah untuk masalah hak waris dan perwalian anak kelak kl anaknya menikah.

Ada kasus yang saya tangani :
Anak perempuan 17 thn hamil,punya 3 pacar,pagi ama si A, siangnya BBS(Bobok2 siang) ama si B, malemnya ama si C, hamilll. Kemudian siapa dong bapaknya ? gak mgkn ketiga2nya masuk, pasti salah satu, harus tes DNA dan tes DNA itu mahal
O yha yang membawa kelamin itu dr sperma yha, jangan mau disalahin ama suami yg gak ngerti. Misal ada keluarga Batak punya 3 anak perempuan, padahal dia menginginkan anak laki2.
suami : kaaauuu tidak bisa memberiku anak laki2, kalo gitu aku akan kawin lg
istri : ehh sorry ye bang, abang yg gak bisa ngasih saya bang, dasar gak punya pengetahuan, yang membawa kelamin pada bayi itu sperma bang,bukan kita yg nentuin cucian deh lu.. =))
//Penjelasan ttg bertemunya sel telur dan sperma:
Setelah bertemu maka akan berbelah jadi 2, jadi 4, berbelah lagi, kl sampek sini (kyk anggur) dan diem aja gak berkembang, itu yang dinamakan "hamil anggur" kenapa bisa terjadi?? mungkin kl dia lahir jadi anak durhaka makanya gak dikasih sama Allah.

Hubungan suami istri itu suci, makanya jangan dibuat mainan.
Pembentukan organ2 penting bayi itu terjadi selama 16 minggu/4 bulan, jadi dalam masa itu jangan kena penyakit berat spt cacar air, campak, jangan deket orang merokok, di sini letaknya jika terjadi cacat. Selama hamil boleh melakukan sex ??? jawabannya BOLEH
Kenapa sebagian orang khawatir akan keguguran ??
--> karena cairan sperma bisa membuat rahim mengkerut/kontraksi jadi yg menyebabkan keguguran bukan hubungan sexnya tetapi karena kontraksi rahim akibat cairan sperma itu tadi. kalau takut rahimnya gak kuat... boleh pakek kondom.

Fatwa MUI : "Tidak boleh menggugurkan kandungan lebih dr 40 hari dg alasan apapun"

//Film pembentukan bayi dalam rahim

Plasenta ini biasanya dibuat kosmetik, najis, haram, gak boleh dipakai yha..
Plasenta ini bisa menyaring darah dari yg kotor2 biasa, kalau narkoba, rokok, penyakit kelamin gak bisa disaring.
Supaya anak kita pintar bukan dengerin bethoven, tetapi dg tilawah Qur'an dg tartil.

Supaya bisa melahirkan normal :
- jangan manja
- perbanyak aktifitas fisik
- misal pantat duluan (pandu) atau sungsang, kata dokter suruh nungging, ternyata itu kita sebagai muslim bisa dengan sholat...Subhanalloh dan sudah saya praktekkan pada kelahiran anak pertama saya.

//Al Isra: 32 --> JANGAN DEKATI ZINA

//dr. Inong Menunjukkan foto2 penyakit kelamin..

1. Penyakit jengger ayam
waktu saya masih praktek di RSCM tiap bulan ada pasien ini, pernah suatu kali ada anak 18 thn kena penyakit ini (jengger ayam)
  • pasien: dok ini aku ada benjolan, kutil apa yha?
  • dokter: kamu punya pacar?? ngapain aja kamu?(*selaput dara utuh)
  • p: gak punya dok, sumpah mati sumpah mati gak ngapa2in
  • d: sumpah mati ???? *^&%^$^$%^%
  • d: ini pasti pacarmu sudah pernah ke PSK, ke WTS, ke pelacur
  • p: udah aku putusin kok dokkkkk *nangis guling2
  • d: putusin2, ini gak bisa sembuhhhh
  • p: iyha sih buk cuman dioles2 aja kok dok
  • d: dioles ??? emang roti ???? itu gak bisa sembuhhh... (peting)
Walatakrobu Zina, "JANGAN DEKATI ZINA"
Gak ada orang yang kena penyakit ini kecuali dia telah berzina.

Pasien saya ada yg gigolo,orangnya ganteng sopan, Ya Alloh itu kelamin udah kayak kebun binatang
  • d: ya Alloh pak, kok sudah kayak gini dapet darimana?
  • p: maaf Bu, kerjaan saya gigolo
  • d: *astaghfirullah
  • d: pelanggannya siapa Pak?
  • p: istri kedua bapak ini, istri ketiga pak haji itu..
note : Jadi sisi lain poligami harus dipikirkan, mungkin nafkah lahir bisa adil, sedangkan nafkah batin ???

2. Sifilis
3. Herpes
4. HIV
Ada Slogan "PAKAI KONDOM ATO KENA" sebenernya itu salah yg bener "JANGAN BERZINA ATO KENA"
Pori2 kondom itu 1/60 mikron sedangkan virus HIV itu 1/240 mikron, lewat gak?? (*jelas bablasss)

Walatakrobu Zina, "JANGAN DEKATI ZINA"

Makanya kl jadi istri jangan ditolak suaminya yha ibu2, pleaseeee...
meski saya berjilbab kayak gini, saya pakek tengtop di rumah.halal ini, gak bakal deh itu suami ke mana2. kl di tempat tidur, tirulah itu si pelacur, tiru aja semua eehh benerrr, jangan diketawain, seriussss...kl di rumah jangan pakek daster batik,udah bau, bolong lg...kl kekantor dandan cakep..kebalik itu..

Pernah waktu saya di Madiun saya pegang lokalisasi. Tiap bulan sekali di sidak.
dokter : tolong saya dibawa ke kamarnya dong kenapa para lelaki kok suka ke sini.
Ada ibu DPR yg ikutan sidak
ibu DPR : ini tempat hrs ditutup bla bla bla, harus ditutup, bla bla bla
dibelakang si PSK bisik2 ke saya
PSK : ehh Buk, dia gak tau kl suaminya suka ke sini =))
dokter : waduh paling suka dicerewetin di rumah makanya sering di sini
Ketika saya sampek kamarnya apa ternyata ..........kamarnya itu bersiiiiihhh harummmmm.......
makanya ini harus ditiru, biar rumah kita luarnya kayak kapal pecahh kek, yang penting di kamar itu hrs bersih dan harumm, jadi waktu suami masuk kamar hhhhmmm....menganggap itu bener2 surga dia.

//Penjelasan jenis pelumas dan kondom yang aman dipakek
(*PV aku aja kl pengen tahu, tar dikiranya saya promosi :p )
  • kl wanita lg capek dan gak mood biasanya kering, jadi boleh dipakek
  • kl kondom, sebaiknya kita yg beli jangan suami, ntar dikiranya suami kita nakal
Yang terakhir yaitu tentang perawatan daerah intim. Yang udah punya sambil ngajarin anak yha, mulai dr umur 4 thn harus dah diajari cara merawat yang baik, diantaranya :
  1. Sehabis BAB basuh dr depan ke belakang, bukan dr belakang ke depan.
  2. masih gadis : pakek sabun bayi aja, kl dah nikah : boleh pakek sabun kewanitaan (PH 3,5)
  3. bilas sampek sabun tidak bersisa
  4. keringkan dengan handuk/tisu (jangan di gosok)
  5. jangan pake bedak, bayi boleh tetapi hanya di lipatan selakangan bukan di vagina..
  6. setelah menstruasi boleh pakek minyak wangi
  7. kl pakek toilet umum, disentor dulu br dipakek
  8. ambil air lgsg dr kran, jangan di baknya
  9. jangan pakek celana yg ketat
  10. CD dr katun, gak usah yg macem2, gak usah pakek G-string, itu dipakek didepan suami aja, itupun gak ada 5 menit pakeknya.
  11. ganti pantyliner/pembalut sesering mungkin (kl udah ada gumpalan, lgsg ganti)
  12. jangan pakek pantyliner secara terus menerus, lebih baik membawa CD ganti.
  13. potong pendek rambut daerah organ intim
Semoga bermanfaat....

note :
-kalo ada yg mau slide materinya (20 MB) dan rekaman suara (16 MB) bisa PV ke aku.
-maaf kl postingan tidak terstruktur (*halahh), karena kajian ini bersifat dialog bukan seminar


__D Building 2nd floor, DM, 19112007 __

29 comments:

wku said...

aku deg-degan baca postingan ini... dan mumet... hehe...

Iman Brotoseno said...

waduh serasa baca artikel Lula Kamal, Dr. Boyke, Motinggo Busye dan Valentino sekaligus...
\btw pakai G string cuma 5 menit? ha ha ha

de said...

trus rencana waxing pagina bareng omith sido ra? :))

balibul said...

sik sik ora adoh2 wes, wes squirt tah kon iku?

aku muk wedi nek kowe ki tambah sangar, tambah ranjanggenic, mengko nek dengkul mu kopong meneh piye tho vink vink...

kui muk kurang siji vink minuman spite di campur insto rong tetes

yo tho di jamin kasur mu di pepe 2minggu ora kering-kering

pitik said...

si vivink sudah brani pake G string setelah waxing paginah..apalagi setelah miss J alias jembring sudah dicat merah maroon pulak...inilah hasil mengikuti ceramah, sebuah revolusi yang menggetarkan nurani...

kw said...

ho ho lengkap sekali!

sayurs said...

aku yo malah mumet moco iki.. sayang tidak disertai ilustrasi.. :P :P

Bangsari said...

sing penting gambare. endi?

kenny said...

hebat..hebat postingane, bocah sarune kurang siji :D

wes ngidam tenan??

aprikot said...

dowo nyilih slide-e ae tp kapan?

Anang said...

skrinsutnya?

MaNongAn said...

gak tau mo comment apaan *garuk² plus cengar-cengir style [ON]*

.::he509x™::.

ichaAwe said...

biarpun panjaaang banget postingan ini..tapi wajib dibaca...berguna banget!!! thx yah

anina said...

nice post.. ;)

Aestetika F. said...

postingan bagus nih, ;))
lek ono maneh sharing2 ya.. he2.

+ suwun file e.. akhirnya suamiku bisa ambil di ftp mu.

wahyukurnianto said...

kurang siji mbak tips-nya ...

ditambah dengan pergi ke spa dan perawatan tubuh minimal sebulan sekali, kalau bisa malah tiap minggu ...

karenawanitaterciptauntukpria
:D :D

cewekndeso said...

bagus banget posting yg ini memberi banyak informasi tentang wanita untuk takut/tidak takut untuk menjalaninya
makasih aku banyak belajar lho dari sini
salam kenal juga dariku

anoenk said...

artikele apik mbak...untuk selengkapnya yang file2 itu kirim ke imelku ya hehehe...tengkyuuu...

Anie said...

sip..! bagus banget
gmn caranya biar dapet filenya? gedhe gt..

ario dipoyono said...

la.. yang gini nih lengkap jadinya, cowok ngerti cewekpun juga ngerti

Dita said...

hehehhehe... pengetahuanmu sudah banyak rupanya Ving :D.. good.. godd... thanks sharingnya :D

endikz said...

bu is.. jare bar lulus pelatihan gaya wolak walik..?? kursus terpadu menuju puncak kenikmatan..?? sertifikate di biji opo? ujiane susah ora? paling enak nganggo gaya opo?

sarah said...

Kmrn ke BHI ya mb? sayang gag ketemmu, aku dateng telat sih hehe..

dPs said...

Ck Ck Ck, Ruaarrr biasa, dari sekian posting, posting kali ini yang paling mutu, Mantabs.

Harus bagaimanakah diriku memberi apresiasi padamu, tell me..

langit said...

durung bar mocone vink..lanjut suk wes selak meh nguli :D

Pinkina said...

@wku
hehehe jangan mumet, bagus lho, pengetahuan

@iman brotoseno
kenapa mas ketawa ???

@de
heleh, pitek kok dipercoyo toh budhe

@balibul
hahaha lapo bul ? ketumpahan minuman tah ?

@pitek
mingkem tek

@kw
jik kurang akeh sebener'e mas
cuman aku wes kesel nulis :D

@sayurs
hueheuhue...ntar mbayangin yg aneh2 kl ada ilustrasinya

@bangsari
heleh, iku diwoco sik, br takon gambar

@kenny
gurung ngidam budhe

@aprikot
lah mbuh kapan ??
nek awakmu pas nang jkt ae

@anang
di file mas

@manongan
lha lapo cengir2 mas :D
mbayangno yhooo, hayoo ngakuuuu

@ichaawe & anina & aestetika
sami2

@wahyukurnianto
hahahaha bener2 :D

@cewekndeso
huehuehue suwun mbak

@anoenk
wes digowo lis

@Anie
piye yha mbak?? gedhe hare :-??

@ario dipoyono
yups mas, hrs ngerti ttg ginian :D

@dita
podo2

@endiks
karepmu lah ndiks :p

@sarah
iyha hehehe, gpp lain kali moga bisa ketemu

@dps
huehuehue...bakso ae mas :D

@langit
okeh, gpp.
dicopy aja, woco nang omah :D

ika said...

wow,,apik tenan mba artikelna,,,jane ditambahi gambar,,hihi

sekar said...

Wah Mbak.. Sangat Bermanfaat sekali artikelnya,..
saya boleh minta file presentasinya mbak hehehe :D

Putri@KL said...

mbak Viving, saya suka banget baca artikelnya. udah lupa kapan terakhir baca ilmu tentang daerah ini. padahal udah nikah 4tahun dan punya anak satu.
Kenalan,nih. nama saya Putri. njenengan sekarang juga udah punya baby,yaaa...selamat,njiiih.

matur nuwun artikelnya. april ini dokter inong akan datang ke malaysia untuk ngasih seminar juga. temen2 dari universitas islam internasional pada rajin latihan nasyid buat gaya di depan beliou.