Monday, February 04, 2008

Kejebak Banjir

Jumat 1 Februari 2008
Hujan deras dari semalem (mulai jam 23'an, pas aku ama suami lg diwarnet, kejebak hujan sampek jam 12 malem) belom juga reda. Semakin deras saja malah. Duueeerrreesss kl aku bilang. Langit gelap, matahari gak mau muncul, kayak suasana menjelang maghrib. Sekitar jam istirahat siang, Bu Wida ngasih tugas ke anak2 cowok "yakkk yang cowok yang cowok, yang kerjaannya gak urgent, bisa ditinggal bentar, nolongin teman2 di bawah, gudang kebanjiran", wakkssss.....wajar aja sih, wong helipad ditengah2 pabrik panci udah kayak kolam renang. Terdengar berita banjir dari stasiun2 tivi yang menyiarkan secara live. Liat video streaming di BHI kok yha mengerikan, transjakarta baris runut kayak semut, depan Indosiar udah sepaha. Orang2 udah pada panik, gimana pulangnya ntar. Secara gitu loh, pabrik panciku ini ditepi sungai bo' udah gitu termasuk daerah hitam huahahaha...daerah gak jelas, pelosok. (Untungnya Vpku baik hati, bagi teman2 yang gak bisa beli makan di luar, disediakan mie instan beberapa kardus dan ada nasi padang bungkus, thanks Bu.)

Kerja udah gak konsen. Orang2 udah pada pulang tetapi banyak juga yg pada nginep, bahkan ada yg udah pulang tapi balik lg ke pabrik, secara mobilnya sedan jadi gak bisa nembus banjir, kekeke terpaksa deh nginep. Aku ???? aku tetap tenang donkkkk (*bohonggg huhuuu, jelas panik dunk gimana seh). TransJakarta, kendaraan andalanku untuk koridor 3 yang lewat depan pabrik u/ sementara gak beroperasi. Hukss.. Aku turun dari pabrik jam 17.15, di sapa ama VP "nekat Ving?" "iyha Bu, kl gak nekat, gak bisa pulang".

Sesampainya di luar gedung baru nyadar ternyata pabrik udah dikelilingi banjir xixixixi. Aku masih tetap tenang. Nyampek depan Wheladalahhh.....u/ menuju jalan raya itu harus ngebak/menerjang banjir setinggi sekitar 20 cm'an. Calling Nasir "Sir, aku dah didepan, ternyata depan satpam banjir huahuaa :(( tolong bawain turun sendal jepitku dunkk". Setelah pakek sendal jepit, aku siap berjuang huahahaha. Di jalan raya depan pabrik tidak ada kendaraan seliweran kyk biasanya, hening, yg ada cuman mobil2 berhenti dan beberapa angkot muter balik dan buanyaakkkk orang jalan kaki hhiihi :D Depan jembatan gantung udah sepaha kale banjirnya.

"Angkotnya ini nyampek mana Bang ??"
"Pesing mbak ... nyampek pesing aja"
Yhawes nekat naek, sepanjang perjalanan sepi kendaraan tapi ruame pejalan kaki. Nyampek Pasar Pesing turun, bingung, mo nerusin perjalanan tp gak ada angkot. Yhawes jalan... jalannnnnnn terus sampek deket rel kereta api, saat itu menjelang maghrib, ada truk buesar warna merah, di bak terbuka itu buanyakkkk penumpangnya, yhawes aku ikutan aja. Tapi gimana naeknya??? tanpa babibu "bang tolongin, ikutannnnnn", akhirnya aku ditarik naik ke truk yg guudheee itu. Tinggi baknya itu setinggi kl aku berdiri jejeg. Whoeheheee...pertama dalam sejarah aku pulang nguli naek truk. FlyOver Daan Mogot udah kayak bengkel massal, soale buanyakkk motor2 yg nekat nerobos banjir lgsg mati motornya huakakakakaa. Memanglah, jalan depan Indosiar itu puaraaaaahhhhhhhh, sepahaaa boo', jadi wajar aja hanya truk2 besar yg bisa lewat.

Nyampek Citraland penumpang pada turun, dan truknya muter lg nyari penumpang. Nyampek sini penderitaanku belom usai sodara2. Jalanan bener2 macet cet cet, gak ada yg jalan. Depan Trisakti ama Untar udah kayak Lautan. Bis2 besar sarat penumpang berhenti di kolong jembatan Grogol. Akhirnya aku jalan kaki ngikuti arus manusia ke arah Taman Anggrek. Oh yha Depan Citraland yg deket Ukrida itu sepaha, jadi percuma dari tadi aku nyincing celana panjangku, tetep aja kleleb. Ada jembatan penyeberangan, aku mikirnya bisa sampek ke seberang dan naik bis ato apa aja ke arah harmoni ato slipi, setelah di atas jembatan aku baru nyadar kl ternyata di sebrang itu masih kayak lautan, huksss, turun lagiii... Jalannnnnnnnnn terussssssss diantara kendaraan yg parkir gak jelas dan berdesak2an dg pejalan kaki yg laen. Setelah jauuuuuuuuhhhhh....wheeladalah ternyata aku jalan kaki dari Citraland sampek Taman Anggrek huaaaa :(( jauh jugaa, cuapekkk... celana basah semua, ada jembatan penyeberangan yhawes aku nyebrang. Istirahat bentar, minum teh botol sosro, "bagaimanapun keadaannya minumnya teh botol sosro" bukan Iklan. Waktu mo nerusin perjalanan ke Perempatan Taman Anggrek-Tomang itu aku kebelet pipis, waduhhh gawat. Mampir dulu di gedung TOTAL KOMPAK, nunut pipis ama cuci kaki :D kemudian melanjutkan jalan kaki sampek Tomang. itu lho yg deket Service centernya Samsung, pojokan situ.

Nunggu luamaaaaaaa....gak ada bis yg lewat, taksi juga gak ada, yg ada hanya beberapa motor dan beberapa mobil. Bingung mo kemana, mo naek apa? duuhhh...misoh misoh karep'e dewe. Suami udah bolak balik nelp katanya mo dijemput. Mo njemput dari Hongkong???? yg ada malah ntar dia kena macet dan malah gak ketemu, mending gak usah aja. Ada seorang mbak berjilbab aku tanyain "mbak mo kemana?" "ke senin" "naek apa?" "gak tau nih, udah sejaman di sini gak ada bis yg lewat" hohohhoho... Duduk termenung di trotoar, liat jam udah jam 20'an hiks. Tanya2 ama tukang ojek, "Pak yg ke arah sana banjir gak?" (*sambil nunjuk ke arah harmoni) "banjir neng, depan Hero Tomang aja segini" (*sambil membuat batas di betisnya) "emang mo kemana neng?" "mo ke kuningan Pak" "waduh, bapak gak berani nganterin neng, ini bapak juga mo pulang gak bisa, udah tanya polisi, tol tangerang bisa dilewati motor sampek kebon jeruk aja, padahal rumah bapak tangerang, mo lwt daan mogot jelas gak bisa"

Huuhuu...nelp mita, bilang gak bisa dateng ke taman menteng, dia ngeyel nyuruh aku naek busway. Busway dari Araaaabbb, wong gak ada kendaraan yg lewat kok, mesoh2 maneh.Nunggu luamaaaaaaa....... Kemudian ada bis besar jurusan cimone-senen, tanpa pikir panjang aku langsung naek aja. Bisnya Puenuuuuhhhhhhh, dusel2an ama penumpang laen, wes gak ngurus. Nyampek jl. Kesehatan Muacettt cett cettt. Wes gak isok mikir. Pokoke kudu nyampek harmoni. Akhirnya nyampek juga di Harmoni. Naek ke Jembatan penyeberangan menuju halte TransJakarta. Suuueeeepiiii piiii, glondangan, kenek digawe balbalan lah pokoke. Yhawes naek yg jurusan Blok M. orang2 yg ada disitu heran kali yha ngliatin aku yg basah semuwa, pakek sendal jepit warna kuning, berlumpur lagi xixixiix, horaaa ngurussss.... Nelp mas Iman, minta maaf gak bisa dateng (Sebelumnya sempet YM'an, "dateng kan ving?" "kl smpyn dateng aku dateng" "aku dateng" "yhawes aku dateng" huekekekeke nggayaaaaa....gak ngerti banjir po)

Nyampek Karet, turun kemudian melanjutkan perjalanan dengan Mikrolet 23. Nyampek Rumah jam 21:30'an. Perjalanan pabrik-rumah biasanya cuman 45mnt-1 jam, tapi hari ini spesial pakek telor 4 jam lebih bo'. Cuapekkkk, mandi, nyiapin air panas di ember kasih garam, trus tak celupin kakiku ama tiduran di kasur, hhhmmmm nikmattttt.....sambil dengerin lagunya Mariah Carey, jadi kangen kr bojoku. Lha kok bojoku nelp "Sorry dek, kayaknya pulang malem neh, masih bantuin Gatot benerin servernya" huaaaaaaaaaaaaaaaaa apessssssssss...........

note : lha kok yha pas aku ndak bawa kamera, jadi gak bisa jepret2

__D Building 2nd floor, DM, 04022008 __

25 comments:

kw said...

aku kok lebih milih nginep di kantor ya heheh. asyik kok banyak teman yang juga terjebak.

Bangsari said...

mangkane tuku umah dan bekerja di thamrin saja, dadi meski banjir ndak masalah. sayang kalo duite ra kanggo ngono.

pitik menyarankan said...

motore bojomu didol wae..tuker dengan perahu atau sampan..

mikow said...

kenapa nggak berenang aja ping? :)

Pinkina said...

mueessstiiiii kl blogku dikomentari wong2 BHI, gak tau onok sing bener... huuuhhh....... tidak berempati :(

Dita said...

waduh Ving.. aku moco ceritomu melu kesel dewee... hiks.., tapi dirimu memang tangguh :D

yus aja said...

Yo wes aku komentar sing bener.
Ati2 Nduk di jalan-jalan. Kalau banjir gak sah ngenet. cukup dirumah aja.
Kalo rumah yang kebanjiran, ngungsilah di Pemda DKI.Bikin tenda di sana, sekalian warung kopi. :D

Evi said...

cian dech....makane Mba pindah sebelah pabrikku aja, di pusatnya pabrik panci. di jamin begitu hujan reda, airpun lenyap dan yg pasti busway koridor 1 pancen oyeeee....
terbukti genangan di depan sarinah juga bisa dilalui hehehe......

jadi...jumat sore aku pun aman maghrib udh smp rumah.

omith said...

saknoe pink..
hahahaha :)
tenang km aku kasih kaos dagdigdug.. oks..

ono said...

mbakyu, motornya emang mau dijual, barter ama sepeda kumbang yuk.

Ani said...

Cuma iso ndongakno, moga banjirnya cepet surut (atau sekarang dah surut). Hati2 kalau jalan di tengah banjir. Kalau airnya deres mending nggak usyah.
Di Batam 2 th lalu pernah banjir dimana2, aku, suami dan mbahnya suami kejebak juga, masak dari jam 2 siang baru sampai rumah jam 11 malam, gara2 nunggu banjir air nggak surut2, terpaksa nyebrang, yg mbantuin orang banyak krn airnya deres. Si Mbah buyut sampai nangis , maklum priyayi sepuh kok di ajak nyebrang banjir, lha wis ditinggal dititip rumah org jg nggak mau.

siska said...

kasian dirimu...di rumah gak kebanjiran kan??

an|na said...

ya ampyunnn mbak,,
segitunya perjuangane samean mulih ng omah :D
ga iso mbayangnoo mlaku adoh, numpak truk :(
untungee kebagusan aman sentosa.. :D

wahyukurnianto said...

lho sampeyan ndak kuliah ta mbak ??

**he he he ...

sluman slumun slamet said...

sayang gak poto2.....
hahahahahahhaa....
emang enak kebanjiran..
:D

Pacul Cicipilah said...

wekekekek......banjir

Aestetika F. said...

wah hebat awakmu pink,
lek aku milih turu kantor palingo.. hehehehe... daripada harus berjuang di jalanan sendirian.

elydevi said...

Ya Alloh, kok soro tenan to mbak..mbak..

tito said...

waaa, banjirr.. ati2 komiknya vink, jangan sampai basah

de said...

kekekeke banjir

ichaAwe said...

syukur alhamdulillah..akhirnya sampe rumah...jam sehitu mah masih belom telat2 banget atuh...
aku inget pas banjir 2002 dulu...
kejebak macet...mobil gak bisa gerak kemana2...diam ditempat..akhirnya tidur di mobil, sempet pula keluar mobil, beli nasi bungkus di warteg pinggir jalan...ade2 waeeee..baru sampe rumah jam setengah empat fajar...

cah bodoh cla_x said...

bisa buat berenangkan? klau gak mau banjir. muleh kampung wae jeng. banjir di jakarta gak akan pernah terselesaikan.

ebeSS said...

"jauh jugaa, cuapekkk... celana basah semua, ada jembatan penyeberangan yhawes aku nyebrang. Istirahat bentar, minum teh botol sosro, Waktu mo nerusin perjalanan ke Perempatan Taman Anggrek-Tomang itu aku kebelet pipis, waduhhh gawat."

lho yok apa se vink, kathokmu teles lak wis ngompol ta . . . lha kok jik kebelet pipis maneh . . :)

Niff said...

ngga ada kata terlambat untuk pulang... :D

b8189uv said...

Nah lapo nggak telpon aku waktu itu, kan iso bareng aku mulihe, pas kuwi libomku dadi koyok angkot ... dadi angkutan wong 12 padahal kudune maksimal 8 hehehehe. Oh ya, tanggal semono kan durung kenal yo, misal-e kenal yo ngga ruh nomor hapeku hehehehe

pas banjir** kuwi, aku kebetulan lagi di pabrike Mowilex, juga Da-an Mogot, tapi yo podho ae, kejebak nang fly-over hehehehe

2.5 jam yang menyebalkan.